/

Pra Launching SLOATH, Warga Bisa Urus Dokumen Kependudukan dari Kelurahan

2 mins read
Pemukulan tetengkoren sebagai tanda pra launching SLOATH

TOMOHON – Bukti nyata meningkatkan pelayanan masyarakat dimaksimalkan era kepemimpinan Caroll Senduk dan Wenny Lumentut. Dimana dengan mempermudah sistem pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk). Melalui Pra Launching Aplikasi SLOATH (Sistem Layanan Online Adminduk Tomohon Hebat) dan Sosialisasi Kebijakan Adminduk yang dilaksanakan di Command Center Mall Pelayanan Publik (MPP) Wale Kabasaran Kota Tomohon, Jumat (30/4/2021). Pra launching SLOATH ditandai dengan pemukulan tetengkoren, dilaksanakan dengan tatap muka dan secara virtual, dipimpin oleh Penjabat Sekretaris Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan.

Pj Sekkot Tomohon Jemmy Ringkuangan saat memimpin pra launching SLOATH

Walikota Tomohon Caroll Senduk SH melalui Penjabat Sekot Jemmy Ringkuangan AP MSi saat membuka kegiatan Pra launching SLOATH menjelaskan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengadakan pra-launching aplikasi SLOATH, yang memungkinkan penerbitan dokumen kependudukan dapat dilakukan di tingkat kelurahan, antara lain dokumen kartu keluarga, akta perkawinan, akta kelahiran dan akta kematian.

“Melalui kegiatan ini dimmaksudkan memberi dampak terhadap penyelenggaraan administrasi kependudukan yang dilaksanakan mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan termasuk instansi terkait dan lembaga lainnya yang saat ini dimungkinkan dapat memanfaatkan data kependudukannya melalui pemberian hak akses,” jelas Ringkuangan.

Dengan kondisi di lapangan masih terdapat penduduk yang belum melakukan perekaman, sehingga dimintakan kepada unsur Kelurahan untuk berupaya mensosialisasikan akan hal ini dalam masyarakat dan berkoordinasi dengan Instansi pelaksana untuk dilakukan pelayanan jemput bola.

“Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), sebagaimana telah dicanangkan oleh pemerintah, yakni sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan, sadar pemutahiran data kependudukan, dan sadar melayani demi membahagiakan rakyat,” lanjut pejabat dengan segudang inovasi ini.

Fakta menarik dan bermanfaat

Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tomohon Albert J Tulus SH dalam laporannya menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka implementasi program unggulan Walikota dan Wakil Walikota.

“Seperti kita ketahui bersama yang poin penting adalah pelayanan prima kepada masyarakat dari lahir sampai meninggal,” jelas Tulus.

Hadir dalam kegiatan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Tomohon Toar Pandeirot SPd MM, Kadis Kominfo Kota Tomohon Novi Politon SE MM, serta para Camat dan unsur kelurahan yang ada di Kota Tomohon yang mengikuti secara langsung dan secara virtual. (Wam)

Baca Juga : 10 Kelurahan di Tomohon Sudah Terpasang Internet Gratis

Latest from Same Tags