29 February 2024

Pengawasan Produksi Galian C dan Sarang Walet di Minahasa Akan Diperketat

1 min read
Galian C
Aktivitas Galian C di Minahasa akan diawasi secara ketat, terlebih soal hasil produksi. foto ilustrasi (ist)

KANALMETRO, MINAHASA – Bupati Minahasa Royke O Roring (ROR) mengatakan bahwa di tahun 2022 nanti pihaknya akan memperketat pengawasan terhadap hasil produksi galian C dan sarang burung walet.

Hal itu akan dilakukan guna menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Minahasa pada tahun 2022 nanti.

“PAD di tahun 2022 akan terus digenjot dan dimaksimalkan,” kata ROR ketika diwawancarai wartawan usai rapat paripurna penetapan APBD Minahasa tahun 2022, Selasa (30/11/2021) malam lalu.

Menurutnya salah satu cara untuk itu, maka pihaknya akan melakukan pengawasan atas setiap hasil produksi dari seluruh galian C dan sarang burung walet di Kabupaten Minahasa.

Dimana nantinya disetiap lokasi galian C akan dibuat pos pengawasan. Sehingga akan ditempatkan petugas dari instansi terkait untuk mencatat setiap hasil dari produksi pada galian C.

Termasuk dengan pengawasan atas hasil produksi sarang burung wallet.

Apalagi menurut ROR, kedua sektor itu memiliki potensi cukup besar untuk menaikan serta menggenjot PAD di Kabupaten Minahasa.

Pernyataan ROR itupun guna menjawab sikap dari sejumlah Fraksi di DPRD Minahasa ketika akan melakukan penetapan APBD 2022.

Dimana beberapa fraksi menilai pengawasan atas dua sektor itu perlu ditingkatkan guna memaksimalkan perolehan PAD di Kabupaten Minahasa.

Latest from Same Tags