20 April 2024

Satu Tahun Kepemimpinan Mantiri – Honandar, Gotong Royong untuk Bitung Maju

4 mins read
Adve Bitung
Mantiri - Honandar masing-masing bersama istri dalam perayaan setahun kepemimpinan (ist)

Gotong royong seluruh komponen masyarakat harus selalu dilakukan untuk mewujudkan Bitung Hebat. Hal tersebut ditegaskan Walikota Bitung Maurits Mantiri dalam sambutan peringatan satu tahun kepemimpinannya bersama Wakil Walikota Hengky Honandar di BPU Sarundajang, Jumat (1/4/2022).

“Semangat Gotong royong ini sangat penting untuk mencapai tujuan pemerintah yakni kesejahteraan  rakyat,” kata Mantiri.

“Membangun sinergi menjadi kata kunci untuk mencapai tujuan berbangsa dan bernegara,” tambah Mantiri.

Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri dan Hengky Honandar (MM-HH) dilantik pada 31 Maret 2021. Sehingga pemerintahan keduanya genap berusia setahun.

Peringatan satu tahun Kepemimpinan MM-HH berlangsung khidmat. Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina memimpin ibadah syukur.

Mantiri mengatakan selama setahun roda pemerintahan Maurits- Hengky, sudah mendapatkan berbagai prestasi, namun juga berbagai hal yang belum sesuai dengan ekpektasi .

” Kami akui masih banyak hal yang belum tercapai dalam  setahun kepemimpinan kami, mudah-mudahan tahun depan, dapat kami tuntaskan,” tambah Mantiri

Pemerintahan Walikota dan Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Hengky Honandar, berkomitmen menjaga netralitas ASN dalam Pemilu.

” Aparatur Sipil Negara tidak boleh menjadi tim sukses kami. Namun cukup menjadi tim mendukung kinerja pemerintahan agar sukses,” tegas Mantiri.

Menurut Maurits Mantiri, keseriusan ASN melayani masyarakat akan menumbuhkan kepercayaan publik kepada pemerintahan MM-HH.  Sehingga para ASN tidak perlu lagi terjun dalam politik praktis

Peringatan satu tahun kepemimpinan MMHH, juga diwarnai pengundian hadiah untuk warga yang mengikuti Gebyar Sepakat Vaksinasi.

Pengundian dilakukan oleh Forkjpimda. Hadiah utama Gebyar Sepakat Vaksinasi, berupa 8 sepeda motor. Setiap Kecamatan ada seorang pemenang yang mendapatkan sepeda motor. Dengan Gebyar Sepakat Vaksinasi Covid 19,  capaian target vaksinas di kota Bitung, di atas capaian target nasional. Bahkan Presiden RI Joko Widodo memuji terobosan tersebut.

Sejak dilantik oleh Gubernur Olly Dondokambey, SE pada tanggal 31 Maret 2021, Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar SE yakin dan optimis untuk membangun Kota Bitung tercinta. Hal ini dibuktikan dengan berbagai capaian keberhasilan pembangunan di kota Bitung.

Disamping itu juga mampu mengatasi setiap permasalahan yang ada ditengah masyarakat, dimana hal itu merupakan filosofi dari MM-HH yang dikenal dengan tagline buat mereka tersenyum. Hal mendasar dari tekad MM-HH adalah SEPAKAT dimana awalnya Akrononim ini adalah Setia Pada Rakyat (SEPAKAT).

Namun direntang perjalanan waktu akronim SEPAKAT lebih dikongkritkan dalam bentuk tindakan nyata sehingga akronim SEPAKAT berubah menjadi Selesaikan Permasalahan Rakyat (SEPAKAT). SEPAKAT ini kemudian dijabarkan kedalam berbagai Program Strategis Unggulan Daerah Selesaikan Permasalahan Rakyat yang di atur melalui Peraturan Walikota Bitung nomor 8 tahun 2022.

Keberhasilan dan Kesuksesan perjalan satu tahun kepemimpinan Maurits Mantiri MM sebagai Wali Kota Bitung dan Hengky Honandar SE sebagai Wakil Wali Kota Bitung dalam mewujudkan Bitung sebagai Kota Digital, tak lepas dari beberapa hal diantaranya, secara konsisten selalu terjaga kekompakan, solid dan keharmonisan antara Walikota dan Wakil Walikota dalam memimpin dan melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya, disertai dukungan aparat yang kompak dan solid mewujudkan target kerja MM-HH.

MM-HH mampu mewujudkan clean government dalam tata kelola pemerintahan di Kota Bitung, mampu mempertahankan hidup yang rukun dan bertoleransi sehingga Kota Bitung tetap kondusif, aman dan nyaman dalam perbedaan, mampu membangun kolaborasi yang baik dan harmoni antara pemerintah, komponen masyarakat, tokoh-tokoh agama, berbagai komunitas serta keterlibatan investor secara proporsional dan mampu mengimplementasikan visi dan misi secara kongkrit, bergerak cepat melalui kegiatan-kegiatan yang jelas dan terencana, dan mampu membangun komunikasi yang baik dan jaringan yang kuat baik dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Berikut ini capaian pembangunan Kota Bitung yang dapat digambarkan secara indikator makro, capaian program strategis unggulan serta penghargaan-penghargaan yang didapat. (advetorial)

Latest from Same Tags