24 February 2024

/

Pelaku Pencurian di Tomohon Adalah Residivis

1 min read
Pelaku pencurian Tomohon
Pelaku pencurian bersama barang bukti usai diamankan tim Resmob Polres Tomohon, Selasa (31/1/2023). (foto polda sulut)

KANALMETRO, TOMOHON – Lelaki MW (23) warga Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), pelaku pencurian kendaraan bermotor dan barang elektronik pada sejumlah wilayah di Kota Tomohon ternyata merupakan residivis dalam kasus yang sama.

“Pelaku pernah menjalani hukuman atau residivis di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  Manado pada tahun 2021 atas kasus serupa,” kata Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast, Senin (6/2/2023).

Dan karena kembali melakukan kasus pencurian kendaraan bermotor dan barang elektronik, pelaku ditembak pada bagian kaki oleh tim Resmob Polres Tomohon. Tindakan tegas terukur itu diberikan lantaran saat hendak diamankan di Manado, Selasa (31/1/2023), pelaku coba kabur dari polisi.

Dia menjelaskan bahwa pengungkapan kasus tersebut berdasarkan laporan salah satu korban di Polres Tomohon, pada 27 Januari 2023. Sehingga polisi langsung melakukan penyelidikan hingga mengetahui identitas pelaku, kemudian menangkapnya.

“Pelaku beraksi pada sejumlah wilayah di Kecamatan Tomohon Utara, Tomohon Selatan serta jalan lingkar timur,” jelas Abast.

Modus ketika beraksi saat malam hari ketika pemilik rumah sedang tertidur dengan cara membobol jendela menggunakan obeng.

Barang bukti yang berhasil diamankan polisi yakni 2 unit sepeda motor, 2 televisi, 2 laptop, 2 handphone, 2 mesin pemotong rumput, 2 mesin pemotong kayu dan 4 jam tangan.

Sejumlah barang bukti itu diamankan polisi di wilayah Kota Manado, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Sudah ditahan dan menjalani proses hukum di Polres Tomohon,” pungkas Abast.

Latest from Same Tags