25 July 2024

Senduk Apeksi
Senduk dalam HUT Apeksi (foto pemkot)

Berpakaian Adat Khas Lampung, Senduk Hadiri HUT APEKSI ke 22

KANALMETRO, TOMOHON – Dengan mengenakan kain Tapis Tumpal pakaian adat khas Lampung, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk menghadiri rangkaian acara Hari Ulang Tahun ke-22 APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) yang dilaksanakan pada kamis – minggu, 26 – 29 mei 2022 di Hotel Novotel Lampung.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh APEKSI kerja sama dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Saat ini APEKSI genap usia ke-22 tepat pada 25 mei 2022, dan perayaan HUT APEKSI kali ini bertemakan ‘’Kebangkitan Ekonomi Melalui Kolaborasi Multi Pihak’.

Acara HUT dilaksanakan dengan berbagai agenda yakni Syukuran HUT, Seminar Nasional, Expo UMKM dan ada juga side event atau acara pendamping yaitu workshop Nasional, sepeda santai, kunjungan wisata dan sentra UMKM.

Dalam acara puncak syukuran APEKSI ke-22, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Dr H Suhajar Diantoro MSi mewakili Menteri Dalam Negeri dalam sambutannya menegaskan bahwa apa yang terus digaungkan oleh Presiden kaitan dengan budaya kerja kita dalam pemerintahan.

“Intinya yakni berorientasi kepada pelayanan kepada masyarakat, pola relasi antara hubungan antara pemerintah dengan rakyat sudah sangat jauh berubah, sehingga hal ini harus mencerminkan bahwa rakyat sesungguhnya adalah diatas dan kita pemerintah adalah pelayan rakyat.

Adanya syukuran HUT saat ini semoga dapat memberi motivasi kepada kita semua didalamnya para Walikota untuk terus melaksanakan tanggung jawabnya serta terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” terang Diantoro.

Pembangunan di daerah sesungguhnya adalah membangun masyarakat menuju masyarakat pembangunan, masyarakat membangun adalah masyarakat mandiri, masyarakat yang mampu mengendalikan masa depannya sendiri.

“Jadilah pemimpin bersenjatakan kata-kata, pemimpin rakyat menyejukan hati, terima kasih kepada seluruh Walikota yang telah bersusah payah memajukan Negeri,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI Dr H Bima Arya Sugiarto, juga sebagai Walikota Bogor yang sehari sebelumnya mengajak peserta APEKSI untuk tunduk kepala mendoakan keselamatan putra Gubernur Ridwan Kamil yang terseret arus sungai di Swiss.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini diantaranya untuk mendapatkan pembelajaran dan inspirasi praktis baik pemerintah daerah dalam melakukan kolaborasi proses pembangunan, untuk memperkuat peran APEKSI dalam mengangkat profil Asosiasi serta para anggota,” terang Arya.

Walikota Senduk pada kesempatan tersebut  menyampaikan selamat ulang tahun APEKSI ke-22, dan berharap kedepannya kerja sama lewat Asosiasi ini akan terus eksis dalam setiap pengembangan program pembangunan di tiap daerah didalamnya Pemerintah Kota.

“Melalui momentum saat ini dan dengan mengacu pada tema HUT APEKSI saat ini, dalam kolaborasi antar Pemerintah Kota di Indonesia kita yakini bersama dan optimis bahwa proses pemulihan dan kebangkitan dalam berbagai bidang termasuk sektor ekonomi ditiap daerah akan berjalan sesuai harapan,” harap Senduk

Pada kegiatan ini Wali Kota didampingi oleh Kabag Prokopim Christo Kalumata, S.STP, Kabag Umum Semuel Roeroe, S.STP.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Unsur Pemerintah Provinsi Lampung, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana bersama unsur Forkopimda Bandar Lampung, para Walikota anggota APEKSI, para mitra strategis APEKSI/Pemerintah Daerah bersama unsur Organisasi Perangkat Daerah terkait dari tiap Kota.