14 July 2024

Ketua TP PKK Tomohon drg Jeand'Arc Karundeng

Bidik Adipura, Karundeng Ajak Bahu-membahu Bersihkan Kota

KANALMETRO, TOMOHON – Menghadapi penilaian terhadap kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan untuk mendapatkan penghargaan Piala Adipura di Kota Tomohon dilaksanakan pada tanggal 20 s/d 21 Oktober 2022.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Tomohon yang didukung oleh berbagai sumber daya dan stakeholder terkait telah melakukan pembenahan serta persiapan untuk menghadapi penilaian tersebut.

Partisipasi aktif juga telah ditunjukkan oleh Tim Penggerak PKK Kota Tomohon yang dipimpin oleh istri tercinta Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH yaitu drg. Jeand’arc F. Senduk-Karundeng.

Bersama pengurus Tim Penggerak PKK Kota Tomohon lainnya berkontribusi dalam membenahi kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan.

Disamping juga memberikan dukungan moril dan masukan positif kepada Pemerintah Kota terkait dengan persiapan penilaian untuk memperoleh penghargaan Piala Adipura.

Bidang kebersihan lingkungan hidup merupakan program PKK sehingga unsur Tim Penggerak PKK Kota Tomohon mendukung sepenuhnya dan memberi diri secara nyata serta aktif.

Peran, sikap dan sifat itulah yang saat ini ditunjukkan oleh Ibu drg. Jeand’arc F. Senduk-Karundeng dalam menopang suami sebagai Walikota Tomohon, terutama saat ini menghadapi penilaian kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memperoleh penghargaan Piala Adipura Tahun 2022.

“Ada kalimat bijak yang berkata ‘selalu ada wanita hebat, dibalik pria yang sukses’. Hal ini menunjukkan bahwa sosok ibu atau wanita, memiliki peran penting dalam membangun suatu kebijakan yang strategis untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” terang Karundeng.

Peran ibu atau wanita terus didorong dalam kegiatan pengambilan kebijakan dan pembangunan daerah, terutama dalam pembangunan sumber daya manusia, karena Ibu adalah guru yang tidak mengenal lelah mendidik anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

“Sosok ibu adalah seorang perempuan yang kuat, tidak mudah menyerah oleh keadaan dan tidak pernah lelah berjuang untuk keluarga. Gambaran tentang ibu itulah yang hingga kini sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya pribadi baik sebagai ibu maupun peran lainnya di masyarakat,” terangnya.

Pria tidak akan pernah terlepas dari sosok ibu atau wanita dalam kehidupannya. “Inilah yang menunjukkan mengapa di balik kesuksesan pria bisa sebegitu bergantungnya terhadap peran ibu atau wanita. Alasan utamanya yaitu ibu memiliki sifat setia, penyemangat, pendengar sejati, pendukung, perhatian, sabar, dan pengertian,” harapnya.