14 July 2024

Monumen Schwarz
Gubernur bersama CSWL dan undangan lainnya di depan Monumen Schwarz

Disaksikan CSWL, OD Resmikan Monumen Schwarz

KANALMETRO, MINAHASA – Walikota Tomohon Caroll Senduk dan Wakil Walikota Wenny Lumentut (CSWL) menjadi saksi peresmian Replika Monumen Johann Gottlieb Schwarz bertempat di kompleks gereja GMIM Sentrum Langowan, Kabupaten Minahasa.

Berdiri megah tepat di perempatan jalan pusat Langowan, monumen berbahan dari tembaga ini diresmikan langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Senin (20/12/2021) sore.

Ibadah syukur pentahbisan dan peresmian Replika Monumen JG Schwarz tersebut dipimpin oleh Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina.

Diketahui, monumen Schwarz yang lama telah dipindahkan le lokasi makam JG Schwarz. Sedangkan monumen baru ini diprakarsai pemindahan dan pembuatan baru oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Dikutip dari dodokugmim.com, keberadaan bangunan tua dan Jemaat GMIM Schwarz Sentrum Langowan sendiri tidak dapat dipisahkan dengan sejarah penginjilan di tanah Minahasa.

Menurut catatan sejarah, 12 Juni 1831 Johan Fredrik Ridel dan Johann Gottlieb Schwarz tiba di Manado. Ridel ke Tondano dan Schwarz ke Kakas kemudian pindah ke Langowan.

Melalui penginjilan yang dilakukan oleh Schwarz, orang Minahasa boleh mengenal Injil. Dan tanggal 12 Juni 1831 kemudian ditetapkan menjadi Peringatan Hari Ulang Tahun Pekabaran Injil dan Pendidikan Kristen di Minahasa.

Dalam peresmian tersebut juga dihadiri Sekprov Sulut Asiano G Kawatu SE MSi, Staf Ahli Menteri Pertahanan Mayjen Purn Glenny Kairupan, jajaran pejabat Pemkab Minahasa, pemerintah dan masyarakat se-Langowan Raya.