14 July 2024

Halal Bihalal di Kota Tomohon
Halal Bihalal di Kota Tomohon (KM-Wailan)

Halal bi Halal dan Silaturahmi Umat Muslim Tomohon

KANALMETRO, TOMOHON –  Halal bi halal dan silaturahmi umat islam Kota Tomohon bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Tomohon. Berpusat di Masjid Al Mujahidin Matani III pada, Sabtu (28/5/2022) 27 Syawal 1443.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara diwakili Plt Sekretaris Provinsi Dr Praseno Hadi. Sedangkan Pemkot Tomohon diwakili Wakil Walikota Wenny Lumentut.

Praseno Hadi dalam menjalani tugas-tugas awal sebagai Plt Sekprov Sulut mengapresiasi dan berterima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, begitu juga pesan kepada seluruh umat beragama di Tomohon, karena kota ini merupakan laboratorium kerukunan di Sulut.

“Selama ini kita sudah bersama-sama bahu membahu mewujudkan Tomohon sebagai Kota Toleransi, dan pesan pak Gubernur ini untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga pembamgunan Tomohon dan Sulut bisa berjalan terus,” terang Hadi.

Dirinya juga menambahkan umat muslim di Tomohon juga berperan aktif, bukan hanya menjaga kerukunan melainkan perekonomian yang ada.

Sementara itu Wakil Wali Kota Tomohon, Wenny Lumentut menuturkan saat membawakan sambutan perlu diingat-ingatkan agar setiap umat beragama di Tomohon saling menghargai, menghormati amatar sesama pemeluk agama.

“Apalagi Tomohon masuk dalam 10 besar kota Toleransi di Indonesia. Dalam setiap kesempatan terus diingat-ingatkan jangam hamya karema perbuatan salah satu oknum langsung menggeneralisir salah sagu kelompok agama,” terangnya.

Sebagai pribadi yang lahir dan besar si tqnah Minahasa, dirinya menjelaskan sejak bersekolah banyak bergaul dan berteman dengan umat muslim di Minahasa.

“Mari kita terus jaga kerukunan dan toleransi di Tomohon, sehingga terus tercipta kehiduoan yang rukun dan damai. Karena dengan adanya kerukuanan ekonomi bisa berputar, shingga multi player effectnya kesejahteraan akan terus meningkat,” tutup Lumentut.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan penyerahan sejumlah bantuan.

“Yaitu 50 bantuan dari Baznas Sulut dan Tomohon untuk fakir miskin. 15 bantuan pendidikan untuk yatim piatu,” terang Ketua Yayasam Al Munahidin yang juga meruoakan salah satu Komisioner Baznas Tomohon Abdul Mahmud.

Doa yang dibawakan Imam Masjid Al Mujahidin Matani Sutardi Abdul Karim, juga atraksi khasidah dari ibu-ibu muslimah Tomohon.

Turut hadir dalam.Halal bi Halal.dan silaturahmi tersebut tokoh muslim Sulut yakni Ust Yazer Bin Salim Bachmid, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulut Suhendro Boroma, Hadir Pula dalam kesempatan tersebut Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan, Ketua MUI Tomohon Dr TDE Abeng, Kepala Kantor Kememag Tomohon Jenny Sampouw dan sejumlah tokoh agama muslim Tomohon dan tokoh agama lainnya di Tomohon.