25 July 2024

Pengguntingan Pita oleh Walikota disaksikan owner resto Kelapa 17

Kehadiran Kelapa 17 ‘Ramaikan’ Wajib Pajak Resto Potensial di Tomohon

KANALMETRO, TOMOHON – Bagaikan anomali di tengah pandemi. Di saat ekonomi dibuat lesu akibat terjangan Covid-19, ternyata tidak menutup minat pelaku usaha untuk berinvestasi, contohnya di Kota Tomohon.

Setelah kehadiran salah satu franchise ternama, kini telah dibuka Resto Kelapa 17 yang menambah persaingan wajib pajak potensial dunia kuliner Kota Bunga. Ditandai dengan diresmikannya Kelapa 17 Tomohon cabang Megamas, yang telah resmi dibuka Senin (6/12/2021) di Kelurahan Walian tepatnya di jalan siswa.

Walikota Tomohon Caroll Senduk yang hadir sekaligus melakukan pengguntingan pita dalam pembukaan tersebut memberikan jaminan sepenuhnya kepada setiap pengusaha untuk berinvestasi di segala sektor di Kota Tomohon, demi kebangkitan perekonomian daerah Kota Tomohon.

“Dengan adanya rumah makan seperti ini tentu telah mendukung, menunjang akan program Pemerintah Kota Tomohon kaitan peningkatan kepariwisataan terlebih dalam dunia kuliner, disisi lain dapat meningkatkan laju peningkatan perekonomian yang ada di Kota Tomohon, adanya tempat usaha ini menjadi kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon,” terang Senduk yang hadir didampingi Wakil Walikota Wenny Lumentut.

Pemkot Tomohon siap bersama pengusaha dengan menjamin kenyamanan berinvestasi.

“Kebijakan Pemerintah Kota Tomohon dalam kemudahan berinvestasi adalah dengan menerapkan OSS (Online Single Submission) berbasis resiko dalam pelayanan perizinan berusaha di Kota Tomohon. Kehadiran layanan OSS berbasis risiko tidak untuk mengebiri kewenangan daerah. Justru memberikan standar layanan bagi semua tingkatan pemerintah yang mengeluarkan izin, baik di level pusat maupun di level daerah. Agar tanggung jawabnya semakin jelas dan layanannya juga semakin sinergis,” lanjut Senduk

Dengan adanya penambahan wajib pajak potensial, Kepala BPKPD Tomohon melalui Kepala Bidang Pengelolaan Pendapatan Daerah Christofel Manangka menuturkan dengan kehadiran ini akan menambah sektor pendapatan daerah dari pajak restoran.

“Saat masih dalam pembangunan mereka sudah mengurus administrasi pajak resto. Apalagi hador di tengah ‘high seasson’ yakni Desember 2021 ini diharapkan bisa berkontribusi dalam pemenuhan target realisasi pajak sektor restoran di Tomohon,” terang Manangka.

Dijelaskan pula, hingga saat ini untuk target realisasi pajak resto setelah disesuaikan dengan target perubahan 2021 berada di angka 5 miliar sekian.

“Dari data yang ada per 30 November sudah terealisasi 4,8 Miliar atau berada di 86,30%. Optimis bisa mencapai target di sisa waktu satu bulan terakhir. Memang untuk penyumbang pajak resto terbesar di Kota Tomohon dengan kehadiran dua restoran franchise besar,” harapnya.

Proses peresmian ditandai dengan pentahbisan oleh Pdt Alce Rondonuwu-Kalalo MTh sekaligus Khadim dalam ibadah.

Pembukaan juga disertai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH, disaksikan oleh owner Keluarga Lucky Tampenawas-Togas.

Hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan SE, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA, Unsur Koramil Kota Tomohon, bersama unsur pejabat Jajaran Pemkot.