22 July 2024

Anggota DPD Ri, Stefanus BAN Liow

Melalui Pleno BULD, Senator Liow Ranperda RAPBD dan Ketahanan Pangan

KANALMETRO – Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI, Ir. Stefanus BAN Liow, MAP, mengumumkan bahwa Tahun Sidang 2023-2024 akan menitikberatkan pada pemantauan dan evaluasi terhadap Ranperda/Perda terkait RAPBD/APBD dan Ketahanan Pangan melalui rapat pleno pada Rabu (30/8/2023).

Selain itu, SBANL akan melanjutkan tugas BULD DPD RI berdasarkan Keputusan DPD RI yang telah diberitahukan kepada Presiden RI.

“Menyusul keputusan tersebut, BULD DPD RI berencana untuk meminta penjelasan dari pemerintah mengenai tindaklanjut rekomendasi hasil pemantauan dan evaluasi Ranperda/Perda. Poin-poin fokusnya mencakup kewenangan dan urusan di bidang pertanahan, perijinan sektor pertambangan, kehutanan, lingkungan hidup, serta pajak dan retribusi daerah berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD),” terang Liow.

Liow menambahkan BULD DPD RI juga berharap agar regulasi pusat memperhitungkan kepentingan daerah dan akan terus berusaha memaksimalkan perannya dalam pemantauan dan evaluasi Ranperda/Perda.

“BULD DPD RI sebagai mitra pusat mengharapkan agar perda dapat dijalankan sesuai regulasi yang ditetapkan oleh pusat. Dalam pandangan dan pendapat mereka, BULD telah menegaskan kesediaan mereka untuk terus mengawal dinamika hubungan antara pemerintah pusat dan daerah, serta berperan dalam proses pemantauan dan evaluasi Ranperda/Perda,” lanjutnya.

Pada Rapat Pleno yang dipimpin oleh Ketua BULD DPD RI, Ir. Stefanus BAN Liow, MAP, serta Wakil Ketua Lily Amelia Salurapa, SE,MM (Sulsel), beberapa anggota BULD DPD RI seperti Dr. Made Mangku Pastika, MM (Bali), Gusti Kanjeng Ratu Hemas (DI Yogyakarta), dan lainnya, telah menyatakan komitmen mereka untuk menjaga hubungan antara pusat dan daerah.