13 July 2024

Tanor dalam pembukaan FGD

Pemkab Minahasa Gelar FGD RPJPD Tahun 2025-2045

KANALMETRO, MINAHASA – Pemkab Minahasa menggelar Forum Group Discussion (FGD) mengenai Rancangan Akhir RPJPD Kabupaten Minahasa Tahun 2025-2045 bertempat di Hotel Yama Tondano, Selasa (2/7/2024). Kegiatan itu dibuka Asisten III Bidang Administrasi Umum Vicky Tanor mewakili Pj Bupati Minahasa.

Dalam sambutannya, Asisten III menyampaikan “Penyusunan RPJPD merupakan momen yang sangat penting bagi kita semua. dimana dokumen ini akan menjadi pedoman dan arah pembangunan kabupaten minahasa selama 20 tahun ke depan untuk menjabarkan visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan daerah.

“Kondisi saat ini, dimana kabupaten minahasa dalam penyusunan RPJPD tahun 2025-2045 telah berada pada tahapan rancangan akhir, artinya bahwa, dokumen rpjpd akan memasuki tahapan penetapan peraturan daerah. oleh karena itu, diperlukan pemikiran yang matang, komitmen yang kuat, serta partisipasi aktif dari semua elemen masyarakat dan pemangku kepentingan.

Dokumen RPJPD ini diharapkan dapat menjawab berbagai tantangan dan peluang pembangunan yang akan kita hadapi ke depan dan kita harus mampu mengidentifikasi potensi yang ada, serta merumuskan strategi pembangunan yang tepat untuk mencapai visi dan misi kabupaten minahasa.

Mengingat urgensinya dokumen ini yang akan menjadi pedoman dalam perumusan visi, misi dan program calon kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih dalam pilkada tahun 2024 nantinya, sebagaimana yang dituangkan dalam dokumen rancangan teknokratik rpjmd untuk IV (empat) periode kepemimpinan kepala daerah, maka hari ini kita melaksanakan FGD sebagai langkah finalisasi dokumen rancangan akhir tersebut, sehingga akan diperoleh kesepahaman bersama tim penyusun, tenaga ahli dan perangkat daerah terhadap dokumen rancangan akhir ini, oleh karena itu, saya berharap perhatian dan komitmen kita bersama baik dalam pelaksanaan FGD saat ini bahkan sampai dengan tahapan maupun teknis substansi penyusunan dokumen RPJPD sehingga dapat menghasilkan dokumen perencanaan yang baik, terukur dan akurat sesuai kebutuhan daerah dalam jangka panjang dan akan dijabarkan pada perencanaan jangka menengah dan tahunan.

Saya berharap FGD ini dapat menghasilkan rumusan-rumusan strategis yang akan menjadi landasan bagi pembangunan kabupaten minahasa yang lebih baik di masa depan. marilah kita bekerja sama dengan semangat kebersamaan dan gotong royong untuk mewujudkan kabupaten minahasa menjadi daerah yang lebih maju dan sejahtera.

Pada kesempatan ini, diiringi harapan kiranya pelaksanaan kegiatan ini akan menghasilkan suatu komitmen perencanaan pembangunan demi “pencapaian visi kabupaten minahasa emas tahun 2045.

“Dengan memohon tuntunan tuhan yang maha kuasa, acara focus group discussion penyusunan rancangan akhir rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) kabupaten minahasa tahun 2025-2045 dengan resmi dibuka” Tutup Tanor.