14 July 2024

Pemkot Tomohon Perkuat Standar Pelayanan Publik

KANALMETRO, TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Pelayanan Publik, serta Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik (FKP) dalam Kegiatan Penataan Organisasi Sub Kegiatan Fasilitasi Pelayanan Publik dan Tatalaksana. Acara ini berlangsung di Michi No eki Pakewa Tomohon pada Selasa 14 hingga 15 November 2023.

Narasumber utama kegiatan ini adalah Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Meilany F. Limpar SH MH. Walikota Tomohon menyampaikan bahwa standar pelayanan publik dirancang untuk memberikan akses informasi yang luas, memudahkan akses ke pelayanan dasar, dan mengarah kepada kesejahteraan masyarakat.

Walikota menekankan pentingnya pelayanan publik dalam meminimalisir tindakan administrasi yang tidak sesuai, seperti pungutan liar, penyimpangan prosedur, dan potensi tindakan korupsi. Penyelenggara pelayanan publik dituntut menerapkan prinsip efektif, efisien, inovatif, dan komitmen utuh untuk memastikan kepuasan masyarakat.

Dalam arahannya, Walikota juga mengajak seluruh kepala perangkat daerah, unit kerja, BUMD, serta grup di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon untuk segera menyusun standar pelayanan publik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. SOP yang sudah berlaku diminta untuk terus dimonitor dan dievaluasi secara berkala.

Walikota Tomohon mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Ombudsman RI dan Bagian Organisasi Setda Kota Tomohon. Acara ini dibuka secara langsung oleh Walikota Tomohon yang juga dirangkai dengan penandatanganan Perjanjian Kinerja Perubahan Pemerintah Kota Tomohon.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE ME, Asisten Administrasi Umum Masna Pijoh S.Sos, para camat, kepala dinas, dan jajaran pemerintah Kota Tomohon.