14 July 2024

Percantik Kota Tondano, Alumni Smanto 170.1 Sukses Gelar Lomba Tanam Bunga

MINAHASA – Sebagai bagian dari upaya untuk mempercantik Kota Tondano. Maka alumni Smanto 170.1 menggagas Gerakan Peduli Tondano yang dipimpin Irjen Pol Carlo Tewu bersama Tondano Kinatouanku melaksanakan lomba Tanam Bunga. Kegiatan yang berlangsung selama tiga bulan dengan coordinator tim kerja Anetha Tilaar sukses digelar. First Lady Minahasa Ny Fenny Roring-Lumanauw pun bertindak sebagai tim penilai.

Lomba ini pun dilaksananakan di empat Kecamatan di Tondano  sekaligus juga penanaman pohon hias Tabebuya sekitar 2300 pohon di jalan-jalan utama kota Tondano.

Pemenangnya dinilai dari  tanaman  bunga di pinggir jalan, kemudian disediakan juga hadiah untuk pekarangan terindah di masing-masing kecamatan.  Selain itu ada penghargaan khusus untuk  rumah perorangan yang halamannya tertata baik di sepanjang kuala Tondano diluar hadiah untuk 4 kecamatan.

Peringat di Kecamatan Tondano Selatan yakni Kelurahan Tataaran I, Paleloan dan Koya. Kategori halaman rumah terindah, Keluarga Maengkom-Tatilu  di Kelurahan Paleloan.

Untuk Kecamatan Tondano Barat pemenangnya,  Kelurahan Rerewokan, Tounkuramber dan Roong. Sedangkan halaman rumah terindah, Keluarga Pangemanan-Saerang di Kelurahan Watulambot.

Kecamatan Tondano Timur peringkatnya Kelurahan Papakelan, Ranowangko dan Kendis. Halaman rumah terindah, Keluarga Poluan-Akay di Kelurahan Katinggolan.

Kecamatan Tondano Utara peringkatnya Desa Tonsea Lama, Kelurahan Marawas dan Wulauan. Halaman rumah terindah, Keluarga Tumengkol-Polii di Tonsea Lama.

Para pemenang diberikan hadiah Dana Motivasi yakni masing – masing Kecamatan Rp 4 Juta untuk Juara I, Juara II Rp 2 Juta dan Ketiga Rp 1 Juta. Sedangkan untuk halaman terbaik masing-masing diberikan hadiah Rp 2 Juta.

Hadiah pun sudah diserahkan Kamis (21/1/2021) di Kelurahan Katinggolan oleh Tim Kerja Peduli Tondano bersama Alumni Smanto 170.1.  Sebelumnya juga sudah diserahkan motor sampah untuk 7  pemenang  antar Kelurahan /Desa, yakni Papakelan, Ranowangko, Kendis, Rerewokan, Tataaran I, Tonsea Lama dan Marawas.  Motor sampah itu merupakan sumbangan dari Pelindo IV sebanyak 6 dan 1 dari Telkom.

“Penghargaan khusus untuk  rumah perorangan yang halamannya tertata baik di sepanjang kuala Tondano diluar hadiah untuk 4 kecamatan tidak ada yang memenuhi syarat,” kata Tilaar sembari menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Minahasa, terutama para Camat dan Lurah /Hukum Tua yang sangat membantu tim kerja peduli Tondano. Baik dalam penanaman tabebuya maupun memotivasi para Lurah /Hukum Tua.

Tewu sendiri berharap iven ini bisa dipertahankan dan diadakan secara rutin seperti rencana awal dalam rangka memperingati HUT Minahasa.

“Kiranya semangat memperindah Kota Tondano terus dipertahankan dan wajib dikembangkan,” tambah Wakil Ketua Alumni Smanto 170.1, Prof Drs Ruddy Pakasi  MPd.(zakaria)