14 July 2024

Ziarah Pemkot Tomohon dimakam mantan Bupati Minahasa Karel Senduk

Peringati HUT 21 Kota Tomohon, Pemkot Gelar Ziarah

KANALMETRO, TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon menggelar upacara ziarah di makam para mantan Bupati Minahasa maupun mantan Walikota Tomohon sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-21 Kota Tomohon pada Kamis 24 Januari 2024. Upacara ini diadakan secara serentak untuk menghormati jasa-jasa para pendahulu yang berkontribusi pada kemajuan daerah.

Upacara ziarah di makam para mantan bupati ini berlangsung dengan khidmat dan hening cipta. Walikota Tomohon, Caroll Senduk bertindak sebagai Inspektur Upacara di makam almarhum Drs Karel Lasut Senduk. Inspektur Upacara di makam almarhum Drs Boy Simon Tangkawarouw MSc adalah Ketua DPRD Kota Tomohon, Djemmy Sundah SE. Sementara itu, Inspektur Upacara di makam almarhum Drs Dolfie Tanor PhD adalah Kasi Intel Kejari Tomohon, Deddy Karto Ansiga SH, dan di makam almarhum Nico Pelealu SH MSi, bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wakapolres Tomohon, Kompol Parura Amping.

Ziarah ini melibatkan peletakan karangan bunga oleh para Inspektur Upacara dan acara tabur bersama para peserta upacara sebagai ungkapan rasa hormat dan peringatan akan jasa-jasa para mantan Bupati Minahasa.

Walikota Tomohon, Caroll Senduk, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan, termasuk upacara ziarah, menjadi bagian dari persiapan menuju peringatan HUT Kota Tomohon.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan peringatan, penghargaan, dan penghormatan atas jasa-jasa yang telah dikaryakan oleh para pendahulu mantan Bupati Minahasa. Kontribusi mereka memberikan dampak positif bagi masyarakat dan kemajuan Daerah,” ungkap Walikota Senduk.

Dalam sambutannya, Walikota juga mendorong penerus, khususnya jajaran pemerintah, untuk menunjukkan kinerja yang baik dan maksimal serta berkomitmen untuk terus berkarya positif.

Ketua TP PKK Kota Tomohon, drg Jeand’arc Senduk Karundeng, menyampaikan terima kasih atas dilaksanakannya ziarah ini dan berharap Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberkati Kota Tomohon.

Turut hadir dalam upacara ini Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring, unsur TNI POLRI, unsur pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon, para pejabat Pemerintah Kota Tomohon, tokoh agama, dan masyarakat setempat. Suasana haru dan khidmat menyelimuti setiap langkah sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada para pendahulu yang telah berjuang demi kemajuan daerah.Editor: Roni Sepang