14 July 2024

Ranperda RTRW 2020-2040 Diajukan Ke DPRD Tomohon

TOMOHON – Pemkot mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tahun 2020 – 2040 ke DPRD Kota Tomohon, Selasa (19/1/2021). Pengajuan dilakukan dalam rapat paripurna dipimpin Ketua Djemmy Sundah didampingi Wakil ketua Erens Kereh.

Walikota Jimmy F Eman melalui Wakil Walikota Syerly A Sompotan mengatakan tujuan Ranperda ini untuk kebijakan dan strategi penataan,
rencana struktur,
rencana pola ruang wilayah,
kawasan strategis wilayah kota, arahan pemanfaatan ruang wilayah kota serta ketentuan pengendalian pemanfaatan ruang wilayah kota.

“Dalam Ranperda ini terdapat rencana struktur ruang wilayah yang terdiri atas Pusat Pelayanan Kota (PPK) yang terbagi atas Sub Pusat Pelayanan Kota (SPPK) dan Pusat Lingkungan (PL),
sistem jaringan prasarana kota yang terdiri atas sistem jaringan prasarana transportasi, sistem jaringan prasarana energi, sistem jaringan prasarana telekomunikasi, sistem jaringan prasarana sumber daya air dan infrastruktur perkotaan,” tukasnya.

Lanjutnya, proses penyusunan peta RTRW juga telah mengalami suatu tahapan yang panjang di Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia dan telah mendapatkan rekomendasi akhir.

“Marilah berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker,” tambah Sompotan.

Dirinya pun mengajak seluruh warga Tomohon meningkatkan kewaspadaan ketika beraktivitas agar terhindar dari bencana.(zakaria)