22 July 2024

Raymon Umboh

Raymon Umboh Tuai Dukungan Pimpin PSSI Tomohon    

KANALMETRO, TOMOHON – Nama Raymon Umboh makin menguat di bursa calon Ketua Askot PSSI Tomohon periode 2022-2026. Jelang kongres pemilihan yang akan digelar pada Sabtu (27/8) mendatang, dukungan dari club-club di Kota Bunga terhadap Emon-sapaan akrabnya, terus mengalir.

Bahkan dari informasi yang beredar, Emon yang juga pengurus Sulut FC ini telah mengantongi suara signifikan dari 18 voters yang tergabung di Askot PSSI Tomohon.

“Lewat kongres PSSI ini, kami berharap ada perubahan. Sepakbola musti lebih maju di Tomohon,” ungkap Stenly “Ungke” Mamuaja, mantan pemain sepakbola profesional.

Menurutnya, perubahan itu akan bisa terealisasi apabila terjadi pergantian kepengurusan.

“Untuk Ketua Askot Tomohon, torang (kami-red) sepakat mendukung Raymon Umboh,” tegasnya.

Terkait dengan itu, Emon telah mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Askot PSSI Tomohon ke Komite Pemilihan pada 19 Agustus 2022.

“Pendaftaran ini sebagai bukti bahwa saya serius untuk maju di kongres,” tegasnya.

Dia mengaku termotivasi untuk memberi diri di dunia sepakbola bukan tanpa alasan.

“Karena sejak dulu Kota Tomohon dikenal sebagai gudangnya atlit sepakbola. Boleh di bilang Tomohon paling banyak menyumbangkan atlit professional di kancah sepakbola nasional,” jelas Emon.

Pada Rabu (25/8), Emon telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon Ketua Askot PSSI Tomohon.

“Keputusan hasil banding, Raymon Umboh dinyatakan memenuhi syarat,” ungkap Elvis Anes, Ketua Komisi Banding Kongres PSSI Kota Tomhon. Menurutnya, Emon juga telah memaparkan visi dan misi sebagaimana tahapan yang telah ditetapkan.

“Calon ketua yang lain tidak menyampaikan visi dan misi,” imbuhnya. Sedangkan di posisi wakil ketua, calon yang akan bersaing yakni Peter Gosal dan Fecky Lasut.   

Kembali ke soal penyampaian visi dan misi, Emon yang dikenal pengusaha muda yang juga pengurus BMI Tomohon ini, mengaku akan memberikan perhatian pada pembinaan sepakbola usia dini.

“Jika saya dipercayakan sebagai ketua, selain akan mengikuti program dari PSSI, saya juga akan memberi perhatian pada pembinaan usia dini,” katanya.

Termasuk juga, dia mengatakan akan mempersiapkan diri secara serius untuk mengikuti event Porprov di akhir tahun 2022. 

“Tentu saja akan bersinergi dengan Asprov PSSI Sulut dan PSSI dengan mendukung semua program resmi. Baik itu Liga 3, Piala Soeratin dan pelatihan wasit dan pelatih,” bebernya.  

Di tempat terpisah, Ando Pitoy dari Rajawali FC ikut memberi pendapat jelang kongres Askot PSSI Tomohon.

“Menurut saya figur ketua selain memang hobby bola dan ingin memberi diri, tapi juga yang penting ketua terpilih harus bsia bersinergi dengan pemerintah,” tukasnyanya.

Termasuk juga bersinergi dengan KONI dan Asprov PSSI Sulut. Supaya program yang akan dijalankan akan lebih lancar.