22 July 2024

Upacara di Lapas Tomohon

Roring Pimpin Upacara Pemberian Remisi HUT RI Ke 78

KANALMETRO, TOMOHON – Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dirangkaikan dengan pemberian remisi berlangsung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tomohon. Walikota Tomohon, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, turut hadir sebagai Pembina Upacara, Kamis (17/8/2023).

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia menegaskan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-78 mengajak semua elemen bangsa untuk terus menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

“Pada tahun ini, Indonesia telah mendapatkan posisi penting dalam memimpin arah dan tujuan kerja sama politik, ekonomi, dan sosial budaya melalui peristiwa Presidensi G20 di tahun 2022. Selain itu, Indonesia juga menerima tongkat estafet keketuaan ASEAN di tahun 2023, serta tengah berupaya membangun ibu kota negara yang baru,” terang Roring.

Sekretaris Daerah Kota Tomohon menyampaikan pesan kepada warga binaan yang menerima remisi untuk menjadikan momentum ini sebagai motivasi untuk terus berperilaku baik, mematuhi aturan, dan aktif mengikuti program pembinaan.

“Pemberian remisi kepada warga binaan pemasyarakatan bukanlah semata bentuk pemberian dari Pemerintah, tetapi juga merupakan penghargaan bagi warga binaan yang telah aktif mengikuti program-program pembinaan dengan baik dan terukur. Peringatan ini tidak hanya menjadi momen penting untuk mengenang kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga menggarisbawahi pentingnya pembinaan dan rehabilitasi bagi warga binaan pemasyarakatan dalam menjalani kehidupan masyarakat yang lebih baik,” lanjutnya. Upacara ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, antara lain Kepala LPKA Tomohon Heri Sulistiyo, Kepala Lapas Perempuan Manado Oldij Rambi, Wakapolres Kompol Parura Amping yang mewakili Kapolres Tomohon, Kasi Pidum Andi Fika Saleh yang mewakili Kajari Tomohon, Mayor Inf Vino Onibala yang mewakili Dandim, Koordinator BIN Tomohon Ahmad Firdaus, serta jajaran pemerintah Kota Tomohon.