14 July 2024

Hukum Tua dan Ketua TP PKK Desa Ranowangko

Semarak Karnaval 17 Agustus di Desa Ranowangko

KANALMETRO, MINAHASA – Pelaksanaan upacara tradisional suatu masyarakat didesa memiliki keunikan dan kesakralan yang terkandung didalamnya. Dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah Desa Ranowangko, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa mengadakan kegiatan karnaval.

Hukum Tua Desa Ranowangko Rico Mangala mengatakan pelaksanaan karnaval sudah menjadi agenda rutin tahunan didesa ranowangko untuk menyambut hari kemerdekaan dan diikuti seluruh warga, Kamis 17 Agustus 2023

Seluruh masyarakat desa sangat antusias dan nampaknya tidak mau ketinggalan untuk meramaikan acara karnaval ini. Selain arak-arakan, masyarakat pun turut memberikan kreasi, inovasi yang cukup menghibur.

Berbagai macam bentuk pakaian yang dikreasikan dan juga sejumlah kendaraan yang dimodifikasi turut menambahkan antusiasme penonton untuk menyaksikan acara karnaval dari awal sampai barian terakhir.

Peringatan hari kemerdekaan yang rutin digelar setiap tahunnya memiliki tujuan untuk tetap melestarikan kearifan budaya lokal dan untuk semakin mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.