14 July 2024

Foto bersama peserta edukasi keuangan

Solang Wakili Wali Kota Buka Edukasi Keuangan bagi UMKM Penunjang Sektor Pariwisata

KANALMETRO, TOMOHON – Wali Kota Tomohon yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Dra. Lily Solang, MM, menghadiri sekaligus membuka acara Edukasi Keuangan bagi UMKM yang mendukung sektor pariwisata di Kota Tomohon. Kegiatan ini berlangsung di GOR Babe Palar Kota Tomohon yang juga merupakan lokasi Tomohon Expo, Senin (14/8/2023).

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, pemerintah memberikan penghargaan kepada pimpinan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Sulut, Gorontalo, dan Maluku Utara, serta seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan edukasi keuangan ini.

“Kota Tomohon, yang memiliki kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara, menjadi lokasi strategis bagi perkembangan pariwisata, pertanian, industri jasa, dan perdagangan. Ini telah mendorong pertumbuhan UMKM di kota ini. Saat ini, Dinas Koperasi Kota Tomohon mencatat adanya 13.281 UMKM di wilayah tersebut, menekankan pentingnya tidak hanya kuantitas, tetapi juga kualitas,” ujar Solang.

Dalam upaya membina UMKM di Kota Tomohon, pemerintah masih bekerja sama dengan sektor swasta dan instansi pemerintah.

“Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Tomohon dan OJK perwakilan Sulawesi Utara. Edukasi keuangan sangat penting bagi pelaku UMKM guna meningkatkan sumber daya manusia dalam era Industri 4.0, dimana mencakup revolusi industri keempat dengan fokus pada teknologi seperti Internet of Things (IoT), robotika, dan big data, memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas berbagai sektor industri melalui optimalisasi proses dan kontrol mutu,” jelasnya.

Pengetahuan tentang tata kelola keuangan menjadi landasan penting bagi pengembangan UMKM, karena kurangnya pengetahuan dapat mengakibatkan kegagalan usaha.

“Edukasi keuangan yang diadakan oleh OJK dalam momentum TIFF 2023 diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi para peserta, mendorong inovasi dalam pengembangan usaha.Pemerintah Kota Tomohon berharap peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan ini, mendorong mereka untuk lebih inovatif dalam mengembangkan usaha,” harapnya.

Pemerintah juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkolaborasi dalam acara ini.

Hadir dalam acara ini Kepala OJK Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara, Winter Marbun, Ketua TP-PKK Kota Tomohon, drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng sebagai Ketua Dekranasda Kota Tomohon, Direktur Utama PT. BPR Dana Raya, Dave Pinontoan, Group Head Operasional PT. Bank Sulutgo, Linda Moniaga, serta para pejabat dan peserta lainnya.