14 July 2024

Steffen Linu

Steffen Linu Putra Tomohon Resmi Jabat Pimpinan Bawaslu Sulut

KANALMETRO, TOMOHON – Putra asli Kota Tomohon Steffen Stevanus Linu resmi menjabat Pimpinan Badan Oengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut periode 2023-2028. Setelah dilantik oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja bersama dengan 72 anggota dari 28 provinsi. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Bawaslu berlangsung di Sultan Hotel & Residance Jakarta Rabu (26/7/2023).

Linu yang juga sebelumnya merupakan pimpinan Bawaslu Kota Tomohon terpilih berdasarkan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Bawaslu Sulut periode 2023-2028, ditetapkan oleh Bawaslu RI bersama dengan pimpinan Bawaslu Sulut lainnya yakni Erwin Franklin Sumampouw berdasarkan keputusan nomor : 38/KP/K1/07/2023.

Linu saat diwawancarai media ini usai pelantikan mengucap syukur atas berkat yang diterima dan berkomitmen melaksanakan tanggung jawab.

” Terima Kasih atas Kepercayaan yang diberikan oleh Bawaslu RI dalam mengawal Demokrasi di Provinsi Sulawesi Utara,” jawab Linu.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat melantik sekaligus mengambil sumpah janji 72 Anggota Bawaslu dari 28 Provinsi, dalam amanatnya dia meminta para terlantik untuk bekerja sesuai aturan Undang Undang dalam menghadapi tahapan Pemilu Serentak 2024 yang semakin krusial.

Dia mengingatkan tahapan pemilu ke depannya sangat krusial dan membutuhkan kerja keras pengawas pemilu di seluruh tingkatan. Sedangkan Pemilu 2024 saat ini berada pada masa perbaikan daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg), lalu persiapan masa pendafataran bakal calon presiden dan wakil presiden.

“Ke depan, akan ada penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Pileg dan sekarang yang dihadapi masalah sosialisasi setelah PKPU Kampanye dikeluarkan. Teman-teman (terlantik) punya tugas penting ke depan,” kata Bagja.

Bagja juga menekankan perlunya Bawaslu Provinsi berkoordinasi dengan Bawaslu RI, dan juga mitra terkait yakni KPU, DKPP, dan stakeholder lainnya.

“Bapak ibu akan banyak waktu bekerja, kami punya janji terhadap UU 7/2017 untuk bekerja penuh waktu. Kami harap bapak ibu bisa menjalankan tugas dengan baik, dan semoga bapak ibu selalu sehat-sehat semua,” papar alumnus Universitas Indonesia itu. Pelantikan ini turut disaksikan oleh tiga Anggota Bawaslu; Herwyn JH Malonda, Lolly, Suhenty, Puadi, kemudian Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Anggota KPU Betty Epsilon Idroos, Anggota DKPP I Dewa Raka Sandi, Sekjen Bawaslu Ichsan Fuady, Deputi Bidang Teknis La Bayoni, dan Deputi Administrasi Ferdinand Eskol Sirait.