25 July 2024

KPU Sulut melakukan evaluasi terkait kinerja JDIH (foto kpu sulut)

Terungkap Dalam Rapat Evaluasi, Kinerja Penyebarluasan Informasi Hukum JDIH KPU Sulut Terus Meningkat

KANALMETRO, SULUT – Tim Pengelola Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (JDIH) KPU Sulut melaksanakan Rapat Evaluasi Pengelolaan JDIH Semester I Tahun 2022, Rabu (20/07/2022) di Aula Kantor KPU Sulut.

Rapat digelar dengan tujuan untuk mengevaluasi kinerja pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum semester I tahun 2024, serta untuk merencanakan kegiatan pengelolaan di semester berikutnya.

Rapat evaluasi dibuka oleh Wakil Ketua Tim Pembina JDIH KPU Sulut Meidy Tinangon didampingi Anggota Tim Pembina JDIH KPU Sulut Lanny Ointu. Dalam sambutannya, Tinangon mengapresiasi kinerja Tim Teknis JDIH di semester pertama ini.

Menurutnya kinerja Tim Teknis dalam melakukan tugas pengelolaan laman JDIH maupun akun medsos telah sejalan dengan pedoman teknis yang ditetapkan KPU RI dan kebijakan program yang dirumuskan Tim Pembina.

“Dilihat dari indikator-indikator seperti jumlah produk hukum yang diunggah, konsistensi penyebarluasan informasi melalui akun medsos, kehadiran perpustakaan, dan program menulis artikel hukum, maka sangat beralasan jika saya mengapresiasi kinerja tim,“ ungkap Tinangon.

“Kinerja tim harus dipertahankan bahkan ditingkatkan supaya penyebaran informasi hukum semakin luas menjangkau masyarakat dan nantinya akan mensuport sukses Pemilu 2024,” harapnya.

Selanjutnya, Pemimpin Redaksi Tim Teknis JDIH KPU Sulut Carles Worotitjan memaparkan evaluasi capaian kinerja JDIH KPU Sulut selama  semester pertama di Tahun 2022 di hadapan Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh selaku Ketua Tim Pembina, dan Tim Pembina lainnya serta anggota Tim Teknis.

Worotitjan memaparkan data-data infografis capaian kinerja mulai dari progress pengunggahan produk hukum, kelengkapan abstrak dan metadata, jumlah pengunduhan produk hukum, serta progres penambahan followers dan respon pada akun medsos JDIH KPU Sulut.

Diperkenalkan juga fitur baru yang diluncurkan pada bulan Juni 2022 serta hasil unggahan pada masing-masing fitur.

Ketua KPU Sulut yang juga Ketua Tim Pembina JDIH KPU Sulut memberikan apresiasi untuk capaian kinerja JDIH di semester pertama.

“Saya berharap pengelolaan JDIH terus berproses dan mengalami peningkatan setiap bulan di semester kedua tahun 2022,” tutur Mewoh sambil berharap agar supaya tim meningkatkan koordinasi internal sebagai bagian dari manajemen pengelolaan JDIH.

Sementara itu, Komisioner KPU Sulut yang juga Anggota Tim Pembina JDIH KPU Sulut Yessy Momongan menyampaikan bahwa keberadaan JDIH sangat penting, karenanya perlu semakin ditingkatkan koordinasi dan kinerjanya.

“Di tahapan pemilu ini, akan banyak kunjungan di JDIH untuk mengunduh Peraturan KPU dan Keputusan KPU,” ungkapnya.

Momongan berharap agar laman JDIH yang spesifik untuk informasi hukum, tetap terhubung dengan laman KPU Sulut yang sifatnya memuat informasi yang lebih umum, sehingga meningkatkan kunjungan ke laman KPU Sulut www.sulut.kpu.go.id.

Dibagian akhir rapat, diputuskan program Semester II JDIH KPU Sulut dengan beberapa inovasi seperti pemanfaatan platform medsos Tik Tok sebagai media penyebarluasan informasi hukum.