14 July 2024

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Talaud

Wakil Bupati Talaud Irup Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

KANALMETRO, TALAUD –  Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 yang diselenggarakan oleh Kodim 1312/Talaud bertempat di Desa Bowombaru Kecamatan Melonguane Timur Talaud,  Sabtu (1/10/2022).

Wakil Bupati Kepulauan Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga bertindak selaku Inspektur Upacara, Pasi Ops Kodim 1312/Talaud Lettu Inf Rudolof J Maariwuth bertindak sebagai Komandan Upacara.

Upacara Bendera peringatan hari Kesaktian Pancasila dihadiri oleh Dandim 1312 Letkol Inf Agus Ariyanto, Danlanal Melonguane Letkol Laut (P) Glory Syaranamual, SE, MTrOpsla, Kapolres AKBP Dandung Putut Wibowo SIK, Kajari Bambang Supriyanto SH MH serta para pejabat Pemkab Talaud.

Tidak ada amanat dalam upacara hari kesaktian Pancasila kali ini, Wakil Bupati Kepulauan Talaud hanya membacakan ikrar yang berbunyi ” Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya :

Bahwa sejak diprokiamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila 2022. Dalam sejarahnya, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober yang telah ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967. (Marcel)