25 July 2024

DPRD Tomohon
Rapat Paripurna DPRD Tomohon

Wali Kota Tomohon Hadiri Rapat Paripurna DPRD Tentang Penetapan Propemperda 2024

KANALMETRO, TOMOHON – Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk menghadiri Rapat Paripurna DPRD yang bertujuan untuk penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Kota Tomohon tahun 2024. Rapat ini dilaksanakan di kantor DPRD Kota Tomohon pada Jumat (10/11/2023), dan dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon, Djemmy Sundah didampingi Wakil Ketua Johny Runtuwene.

Wali Kota menyampaikan bahwa Program Pembentukan Perda adalah instrumen perencanaan yang menjadi kewenangan pemerintahan daerah dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah.

“Program ini dianggap sebagai alat penting dalam melakukan transformasi sosial dan demokrasi, menjawab perubahan cepat dan tantangan era ekonomi dan digitalisasi saat ini. Senduk juga menekankan pentingnya tahapan perencanaan dalam pembentukan Perda, yang melibatkan proses perencanaan, penyusunan, pembahasan, penetapan, dan pengundangan,” terang Senduk.

DPRD dan Pemerintah Daerah, melalui bapemperda, telah melakukan pembahasan dan menyepakati rencana pembentukan Perda untuk tahun 2024.

“Rancangan Perda ini berdasarkan hasil inventarisasi kebutuhan regulasi yang sesuai dengan kewenangan daerah dan pelaksanaan otonomi daerah, serta mengacu pada peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi,” lanjut Senduk.

Dalam harapannya, Walikota Senduk mengungkapkan bahwa Program Pembentukan Perda tahun 2024 yang telah ditetapkan dapat dilaksanakan sesuai dengan target dan sasaran yang diharapkan.

“Program ini diharapkan mampu memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kota Tomohon, seperti menjaga dan melestarikan Tomohon sebagai kota religius, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia, memajukan sistem pertanian, dan mewujudkan pelayanan pemerintahan yang bersih, efektif, dan berintegritas,” harapnya.

Rapat Paripurna tersebut dihadiri oleh anggota DPRD dan jajaran Pemkot Tomohon serta dosen dan mahasiswa dari Universitas Negeri Manado (Unima) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum.