14 July 2024

Paskah Carol
Senduk bersama istri dalam perayaan Paskah di GMIM Pniel Kakaskasen (ist)

Wali Kota Tomohon Ibadah Paskah di GMIM Pniel Kakaskasen

KANALMETRO, TOMOHON –  Wali Kota Tomohon Pnt Caroll Sendukbersama Ketua TP-PKK Kota Tomohon Ibu Pnt. drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng mengikuti ibadah Paskah di Jemaat GMIM Kakaskasen Pniel. Ibadah Paskah ini dipimpin oleh Khadim Ketua BPMJ Kakakasen Pniel Pdt. Royke Kaunang, M.Th. Minggu, 17 April 2022

Melalui sambutannya Wali Kota mengucapkan atas nama Pemerintah Kota Tomohon dan atas nama pribadi, saya Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. bersama keluarga Senduk-Karundeng serta Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. bersama keluarga Lumentut-Sangi, mengucapkan selamat merayakan Paskah tahun 2022 kepada segenap umat Kristiani di Kota Tomohon.

“Hari ini adalah hari peringatan perayaan kebangkitan Kristus yang merupakan perayaan keagamaan sarat makna bagi umat Kristen di berbagai belahan dunia. Karena itu maknanya sangatlah mendalam bagi kita semua sebagai pengikut Kristus. Makna Paskah bagi umat Kristiani adalah merayakan kebangkitan Yesus setelah kematiannya. Hendaknya perayaan Paskah yang kita peringati setiap tahun, tidak hanya menjadi kegiatan seremoni keagamaan semata tetapi kiranya kita semakin memahami dan menghayati karya penyelamatan Yesus Kristus dalam menapaki dinamika kehidupan ini,” terang Senduk.

Di moment sukacita iman ini,  semua diharapkan untuk melakukan introspeksi, mengakui dan mengagumi kemahakuasaan Tuhan dengan “tak terpisahkan dari kasih Allah” yang merupakan tema perayaan Paskah tahun 2022 yang mengingatkan pentingnya rasa persaudaraan dan sikap gotong royong untuk kembali membangun semua infrastruktur dan perekonomian yang hancur akibat pandemi covid-19 selama dua tahun belakangan ini.

“Begitu pula dengan mengokohkan optimisme di tengah perayaan Paskah maka sangat penting bagi kita sekalian untuk merenung dan memfokuskan diri kepada Tuhan, mengingat mereka yang membutuhkan uluran tangan, kita mengaku dosa ; karena tak seorang pun di dunia ini yang tak berdosa karena semua orang telah berbuat dosa. Melakukan rekonsiliasi ; mengingatkan kita supaya kita mau berdamai dengan Tuhan, berdamai dengan diri sendiri dan musuh kita atau siapapun yang telah menimbulkan permasalahan. Karena itu penting bagi kita agar dengan rendah hati mau mengampuni atau meminta maaf kepada orang-orang yang sudah menyakiti kita atau yang kita sakiti. Serta memberikan penghormatan besar kepada Tuhan adalah satu bentuk perayaan dimana Yesus memang dihormati sebagai Tuhan,” urainya.

Selanjutnya Pemerintah Kota Tomohon mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua jemaat dan umat, bersama seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon yang telah bersama-sama mendukung program pembangunan melalui sinergitas sehingga Tomohon meraih predikat kota toleransi serta mendapat penghargaan kota paling toleran yang masuk 5 besar dari 10 kota paling toleran di Indonesia.

“Kita wajib melaksanakan anjuran dan himbauan dari pemerintah bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat serta komponen terkait yang mengajak kita semua untuk merayakan Paskah tahun 2022 dengan penuh kesederhanaan, tanpa pesta pora dan minuman keras, dan pada kesempatan ini kami juga menginformasikan kepada seluruh masyarakat bahwa pada tanggal 18 april 2022 Kota Tomohon akan menjadi tuan rumah Selebrasi Paskah Pemuda se-Sinode

GMIM bertempat di stadion Babe Palar Tomohon, untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga

keamanan dan ketertiban, mari kita menjadi tuan rumah yang baik sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik pula,” tukas Senduk

Pada kesempatan ini Walikota Tomohon bersama Ibu menyerahkan Diakonia kepada Pendeta, Vikaris Pendeta, Guru Agama, Kostor dan kepada Lansia. Hadir juga pada ibadah ini Pelayan Khusus dan jemaat Kolom 1-32 GMIM Kakaskasen Pniel dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.