14 July 2024

Senduk saat mengikuti Rakernas Kementerian Keuangan

WTP Lima Kali Berturut, Tomohon Raih Penghargaan Menkeu RI

KANALMETRO, TOMOHON – Karena berhasil memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak lima kali berturut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) membuat kota Tomohon meraih penghargaan dari Menteri Keuangan (Menkeu) RI.

Hal tersebut disampaikan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2021 melalui Zoom Meeting, Selasa (14/9/2021).

Menkeu RI Sri Mulyani dalam arahannya mengatakan Covid-19 sangat berdampak terhadap keuangan negara.

Oleh karena itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan daerah yang terus bekerja keras dalam upaya menanggulangi situasi Covid-19 yang sangat luar biasa dampaknya.

“Banyak daerah yang anggarannya di refocusing termasuk kementerian, dimana program dan anggarannya berubah guna menanggulangi pandemi ini,” terang Sri Mulyani.

Dia juga mengungkapkan pada 2020 lalu, Indonesia memulai program penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Dirinya berpesan agar Pemda memantau temuan BPK.

“Lakukan perbaikan dan selalu bersinergitas dengan BPK maupun auditor agar bangsa ini lebih maju. Saya berharap APBN dan APBD dapat memulihkan ekonomi. Jadikan pengalaman 2020 untuk generasi mendatang agar menjadi lebih baik,” pesan Menteri yang juga gemar bermusik ini.

Sementara itu Direktur Jenderal  (Dirjen) Perbendaharaan Hadiyanto mengatakan walaupun masih dalam masa pandemi, tetapi harus  tetap semangat dalam hal transparansi  akuntabilitas laporan keuangan.

Dimana kegiatan sebagai upaya membangun sinergitas dan akuntabilitas transparansi dalam laporan keuangan.

Walikota Tomohon Caroll Sendukdidampingi Kepala BPKPD Gerardus Mogi dan Kabid Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah Fenny Sakul ikut dalam rakernas itu.