20 May 2024

Ini Cara Karang Taruna Urongo Memaknai Hari Pahlawan

1 min read

MINAHASA – Mengibarkan bendera Merah Putih di Danau Tondano dan menanam pohon Tabebuya adalah cara tersendiri yang dilakukan Karang Taruna Kelurahan Urongo, Kecamatan Tondano Selatan dalam memperingati Hari Pahlawan. Penanaman pohon dilakukan usai mengibarkan bendera, Selasa (10/11/2020).

Ketua Karang Taruna Tare Tumou Berkarya Urongo Rainer Pieter mengatakan, aksi ini dilakukan sebagai wujud kesadaran diri masyarakat pesisir danau. Bagi mereka, meski terlihat tak biasa, namun itu tidak mengurangi rasa hormat terhadap jasa para pahlawan.

“Sebagai orang Tondano cara ini adalah wujud penghormatan terhadap para pahlawan yang berasal dari Minahasa seperti DR Sam Ratulangi. Apalagi sebagai kebanggaan masyarakat Tondano,” ungkapnya.

Ini pun menjadi bagian dari kampanye pelestarian Danau Tondano. Karena Danau Tondano adalah bagian dari hajat hidup bagi masyarakat sekitar, terlebih para nelayan setempat.

“Apa yang dilakukan para pemuda adalah wujud penghormatan tulus terhadap jasa para pahlawan dan upaya pelestarian lingkungan, khususnya Danau Tondano,” tukas Fenny Putong.(marcelino)

 

Latest from Same Tags