20 May 2024

Jabes Jawab Keluhan Warga Soal Ambulance

1 min read

SANGIHE – Dalam menjawab keluhan warganya terkait bidang pelayanan kesehatan, terlebih soal mobil Ambulance. Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana langsung menjawabnya.

Caranya adalah dengan langsung mengadakan dan menyerahkan delapan unit mobil Ambulance. Kedelapan Ambulance itu diserahkan bagi Puskesmas, Kamis (12/11/2020).

“Keberadaan Ambulance sangat strategis dalam mendukung pelayanan kesehatan terutama Puskesmas diluar Tahuna. Ini sempat menjadi keluhan masyarakat, kini terjawab dan dibutuhkan komitmen bersama dalam mendukung kelancaran penggunaanya,” tukas Gaghana.

Menurutnya, operasionalnya harus dilakukan penuh tanggung jawab sehingga berkesinambungan. Karena selama ini dalam mengelola aset Negara dan Daerah tidak terlalu dipedulikan. Sehingga diharapkannya dapat dikelola dengan sebaiknya.

“Kalau sudah waktunya ganti oli harus lakukan. Lantas jangan diganti dengan hal-hal yang tidak sesuai standar,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sangihe dr Jopi Tungari mengatakan pengadaan mobil Ambulance itu dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN tahun 2020. Dikatakannya juga meski belum memenuhi sejumlah kebutuhan fasilitas kesehatan di Sangihe. Namun diyakini kehadiran delapan unit mobil tersebut dapat memperlancar pelayanan saat pasien rujukan ke rumah sakit yang selama ini menjadi kendala.

Apalagi sejumlah Ambulance saat ini usianya sudah sekitaran 10 tahun. Tetapi Pemkab Kepulauan Sangihe akan terus berupaya dalam pemenuhan mobil ambulance kedepan sehingga bisa menjangkau sejumlah fasilitas kesehatan di 15 Kecamatan.(iwan)

Latest from Same Tags