28 May 2024

Disdukcapil Minahasa Tetap Komitmen Beri Pelayanan Prima

1 min read

MINAHASA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa tetap komitmen dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Asalkan dokumen persyaratan yang diajukan lengkap.

“Selama dokumen lengkap akan langsung diproses sesuai protap yg berlaku. Jika ada pelayanan yang terlambat, bearti masalah dokumen tidak lengkap dan jaringan,” kata Kepala Disdukcapil Minahasa Melky Rumate.

Dikatakannya juga bahwa dalam rangka mumutus rantai Covid-19, Disdukcapil mengambil beberapa langkah. Seperti pelayanan dibatasi dengan nomor antrian, lewat medsos WA dan Facebook.

Selanjutnya KTP elektronik yang sudah tercetak, dibawa langsung ke Pemerintah Desa dilanjutkan kepada yang bersangkutan. Serta perekaman langsung di desa, ternyata masih banyak yang belum melakukan.

“Mulai saat ini masyarakat tidak ada yang masuk ruangan dengan cara pembagian loket untuk pemasukan dan pengambilan dokumen. Kecuali akan merekam KTP-el baru bisa masuk di kantor, itupun dibatasi dengan nomor antrian,” jelas Rumate.

Berkat komitmen dengan pelayanan prima, Disdukcapil Minahasa pun telah
mendapat penghargaan dari Mendagri. Yakni dari 20 Kabupaten/ Kota se Indonesia yang data, salah satu Minahasa. Yakni sebagai pengelolah administrasi terbaik cepat dalam pelayanan serta tanpa pungli.

Dikatakan Rumate jika hal itu dinilai oleh Tim pusat yang turun dan menyamar seakan masyarakat membutuhkan pelayanan. Reward yang diberikan berupa hibah mesin ADM (anjungan dukcapil mandiri).

“Jika ada masalah mungkin hanya miskomunikasi karena banyak masyarakat yang belum paham masalah dokumen kependudukan. Karena kami tidak asal-asal menerbitkan. Makanya datanya harus benar sesuai dengan keadaan, karena jika salah maka di kemudian hari akan bermasalah,” pungkasnya.(kelly)

Latest from Same Tags