29 May 2024

Pemkab Sangihe Serahkan 21 Pelang dan 10 Pamo Bagi Nelayan

1 min read

SANGIHE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe terus berupaya meningkatkan taraf hidup melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat. Terbukti di penghujung tahun 2020, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah (DKP), Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana menyerahkan bantuan 21 unit perahu pelang dan 10 unit perahu pamo bagi kelompok nelayan.

“Ini bantuan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 bagi masyarakat nelayan. Ada dua macam bantuan perahu yakni pelang dan pamo,” kata Bupati ketika menyerahkan bantuan di lokasi pembuatan perahu Pantai Apengsembeka Kecamatan Tahuna.

Terkait pemanfaatan dan penggunaannya, menurut Gaghana sudah ada beberapa pernyataan yang disiapkankan dinas terkait agar bantuan benar digunakan untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Bantuan harus terus digunakan dan ada laporan terkait pemanfaatan serta penggunaannya. Bila ada yang mangkrak dan tidak bisa mengelola harus dikembalikan ke pemerintah agar diberikan kepada kelompok nelayan lain yang mau mengelolah,” tegas Gaghana.

Bupati pun tetap mengingatkan kepada kelompok nelayan agar tetap memperhatikan kondisi cuaca ketika hendak melaut.

“Terkait cuaca, jadi kewaspadaan bagi semua nelayan untuk melihat kondisi, apa memungkinkan atau tidak untuk melaut,” imbaunya.

Terpisah Obeng salah satu nelayan penerima bantuan menuturkan rasa syukur dan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemkab.

“Terimakasih kepada Pemkab karna sudah memperhatikan masyarakat kecil termasuk nelayan,” ungkap penerima asal Kampung Kalurae, Kecamatan Tabukan Utara ini.

Diketahui, bantuan perahu tersebut juga sudah dilengkapi dengan mesin, Alat Tangkap Ikan, Coolbox, Life Jacket, Lampu Perahu dan alat pendukung lainnya.(iwan)

Latest from Same Tags