/

Mengaku Suruhan Kapolres, Bidan di Tomohon Nyaris Jadi Korban Pemerasan

2 mins read
mengaku orang suruhan Kapolres, Kedua pelaku diamankan tim Totosik Polres Tomohon

TOMOHON – Mengaku sebagai orang suruhan dari Kapolres Tomohon AKBP Bambang A Gatot SIK dan melakukan aksi pemerasan, lelaki FT alias Fredy (58) warga Bekasi dan RM alias Mario (26) warga Kelurahan Paleloan, Kecamatan Tondano Selatan diamankan tim URC Totosik, Jumat (5/3/2021).   

Korbannya adalah perempuan Juniatij Supit yang seharinya berugas sebagai seorang bidan di Puskesmas Taratara, Kecamatan Tondano Barat. Untung saja korban belum memberikan uang yang diminta kedua pelaku. Karena korban langsung menghubungi tim Totosik Polres Tomohon.

“Dua pelaku sudah diamankan Jumat sore di sekitaran simpang tiga Patung Tololiu Matani,” kata Kapolres melalui Katim URC Totosik Aipda Yanny Watung.

MODUS OPERANSI PELAKU PEMERASAN

Watung menjelaskan dalam menjalankan aksinya kedua pelaku mengaku sebagai orang kepercayaan Kapolres. Dimana keduanya mengatakan kepada korban jika pelaku Fredy sebagai tim investigas kasus yang berkantor di Jakarta. Sedangkan pelaku Mario mengakui sebagai asisten dari Fredy.

Kamis (4/3/2021), kedua pelaku datang ke Puskesmas Taratara untuk bertemu korban dan mengaku mendapat perintah Kapolres Tomohon agar melakukan investigasi. Keduanya menjelaskan jika kedatangan mereka untuk membahas permasalahan yang ada di Puskesmas. Sehingga mereka menawarkan kepada korban untuk memberikan uang Rp 15 Juta akan permasalahan yang didapati bisa dituntaskan.

Korban yang tak mau kena tipu langsung menghubung tim Totosik dan menceritakan apa yang dialaminya. Oleh petugas kepolisian, korban diminta menghubungi kedua pelaku dengan alasan akan menyanggupi permintaan uang yang diminta. Selain itu meminta kepada para pelaku untuk berada di sekitaran tugu Tololiu karena uang akan diserahkan disana.

KRONOLOGIS PENANGKAPAN

Usai korban menghubungi kedua pelaku, tim Totosik pun langsung bergerak ke lokasi yang ditentukan sebelumnya. Tak lama berada di sekitaran lokasi itu, datang kedua pelaku dengan menggunakan mobil Xenia warna merah DB 1967 FB seperti yang disampaikan korban.

Ketika mobil kedua pelaku terparkir, korbang menghampiri mobil tersebut dengan alasan untuk menyerahkan uang. Namun ketika akan diserahkan, personell tim Totosik langsung meringkus Mario yang sedang sendirian di mobil. Sedangkan pelaku Fredy berdasarkan keterangan Mario sedang berada di rumah pacarnya di Kelurahan Matani I, Kecamatan Tomohon Tengah.

Seketika itu juga polisi langsung bergerak dan berhasil mengamankan pelaku yang tak bisa berdaya ketika diringkus. Keduanya langsung dibawah ke Mapolres Tomohon guna diproses hukum.(zakaria)

Latest from Same Tags