23 June 2024

/

RD: Mari Kembalikan Fungsi Alami Danau Tondano

2 mins read
TNI AD dan Kementerian PUPR melakukan penandatanganan kerja sama terkait Danau Tondano.

MINAHASA – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey (RD) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama dalam mengembalikan fungsi alami dari Danau Tondano.

“Mari kembalikan fungsi alami Danau Tondano dalam berbagai hal,” kata RD ketika menghadiri penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Sungai Wilayah I Sulut dengan TNI Angkatan Darat (AD), Jumat (21/5/2021) di Austin Hill, Kelurahan Paleloan, Kecamatan Tondano Selatan.

Dijelaskannya bahwa dalam mengembalikan fungsi alami dari Danau Tondano perlu dilakukan beberapa hal.

Diantaranya melakukan pengerukan untuk mengembalikan fungsi sebagai penampuangan air serta membersihkan tanaman gulma Enceng Gondok.

Baca juga: Wisata Pesisir Danau Tondano Mulai Dilirik Investor

Karena tumbuhnya Eceng Gondok merupakan tipikal dari danau di daerah tropis dengan kandungan terutama nitrogen, fosfat dan potasium yang tinggi dalam sedimennya.

“Penandatanganan kerjasama ini merupakan salah satu bentuk komitmen bersama dalam mengembalikan fungsi alami Danau Tondano,” kata RD.

Apalagi menurutnya Danau Tondano merupakan salah satu prioritas yang masuk dalam kawasan strategis nasional.

Hal itu dikarenakan kelestarian Danau Tondano dalam keadaan terancam.

Sehingga kiranya dengan adanya komitmen bersama ini, diharapkan kedepan Danau Tondano dapat menjadi kawasan wisata.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada TNI AD dan kementerian PUPR melalui Dirjen Sumber Daya Air terlebih balai sungai wilayah I dengan komitmen penguatan pembinaan teritori di Danau Tondano,” tambahnya.

Baca juga: ROR: Jangan Seenaknya Ijinkan Kegiatan di Danau Tondano

Sementara Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang mengatakan jika setiap orang harus menjaga alam, karena dengan begitu alam juga akan menjaga kita.

Selain itu Matondang mengatakan jika sudah banyak bantaran bantaran sungai yang ditempati dengan tidak semestinya sehingga bisa menimbulkan bencana.

Kepala Balai Sungai Sulut Bastari menambahkan bahwa Danau Tondano merupakan salah satu kawasan strategis pariwisata nasional sebagai pendukung kawasan strategis super prioritas Manado Likupang yang gencar gencarnya dipromosikan.

“Danau Tondano selain dipelihara, dibersikan dan dikonserfasikan. Ini juga sebagai potensi wisata yang tentunya akan berdampak ekonomi bagi masyarakat mana kala Danau Tondano ini sudah bersih,” pungkasnya. (kelly)

Latest from Same Tags