Minahasa Miliki Potensi Pariwisata Trail Adventure

3 mins read
Trail Adventure Minahasa (kanalmetro)
Raiders Trail Adventure berharap Pemkab Minahasa dapat mengembangkan olah raga ini menjadi sektor pariwisata. Salah satu Raiders beraksi pada Track di Minahasa. (foto kanalmetro)

KANALMETRO, Minahasa – Kabupaten Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki potensi untuk mengembangan pariwisata melalui olah raga Trail Adventure.

Apalagi Minahasa memiliki berbagai potensi pendukung seperti Gunung, Danau, Pantai dan Sungai yang memiliki untuk ditaklukan para pencinta olah raga ini.

Karena dengan begitu maka berbagai potensi keindahan alam yang begitu indah di Kabupaten Minahasa pun akan makin diketahui dan dikenal banyak orang.

“Olah raga ini dalam beberapa tahun terakhir banyak diminati, termasuk Minahasa yang juga memiliki potensi terlebih didukung dengan keindahan alamnya,” kata Ronal Rompas salah satu Raiders asal Kota manado, Minggu (23/5/2021).

Dikatakan Rompas jika untuk jalur yang ada di Minahasa saat ini adalah pengunungan di pesisir Danau Tondano.

Karena disana bisa sekalian menikmati keindahan alam Danau tersebut dari puncak pengunungan.

Raiders Trail Adventure berharap Minahasa bisa mengembangan hal ini menjadi potensi wisata (foto kanalmetro)

Belum lagi dengan sungai – sungai yang menjadi tempat lintasan para Raiders.

“Jika ingin menjajal kawasan gunung api bisa langsung ke Soputan,” tambahnya.

Oleh karena itu dirinya berharap Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa bisa melihat peluang dari Olah Raga Trail Adventure ini untuk di kembangkan menjadi wisata karena memiliki potensi.

Karena bukan saja hanya sekedar memperkenalkan keindahan alamnya, namun hal itu kedepan bisa menjadi sektor peningkatan kesejahteraan masyarakat.

ATASI KEBOSANAN DI PANDEMI

Hal lain disampaikan Raiders lainnya Engel Kowaas yang mengatakan jika olah raga ini mampu mengatasi kebosanan dalam masa pandemi Covid-19.

Trail Adventure berbeda dengan Grass Track yang memiliki rute pendek dan mengandalkan waktu.

Karena para Raiders ketika melintasi pegunungan dan jalur lintasan sering menemui spot foto menarik walau harus menaklukan tantangan berupa tanjakan.

“Tak membutuhkan biaya besar untuk bisa menikmati olah raga ini. Menggunakan motor bebek yang dimodifikasi dengan menyesuakan kondisi akan dilintasi sudah cukup,” kata Kowaas.

Salah satu track Trail Adventure di Minahasa

Apalagi menurutnya dalam olah raga ini bukan hanya soal ketahanan fisik sepeda motor yang dikendarainya.

Namun hal penting lain adalah soal stamina tubuh kuat dari Raiders agar bisa bertahan hingga sampai titik yang telah ditentukan.

Termasuk hal yang paling dibutuhkan adalah soal kerja sama tim, karena disni tidak mengejar waktu sampai di finish.

Beberapa kendala yang dihadapi para Raiders saat ini adalah ijin melaksanakan kegiatan selama masa pandemi.

Padahal mereka berharap ijin bisa dikeluarkan walau pesertanya hanya sebatas komunitas agar tidak memyalahi aturan protokol kesehatan.

Latest from Same Tags