23 July 2024

Dua Rumah di Kakas Barat Terdampak Longsor

2 mins read
Longsor Kakas Barat
Salah satu rumah yang terdampak longsor di Desa Tolimembet, Kecamatan Kakas Barat, Minahasa. (foto kanalmetro)

KANALMETRO, MINAHASA – Dua rumah warga di Desa Tolimembet, Kecamatan kakas Barat, Kabupaten Minahasa terdampak tanah longsor yang terjadi Senin (14/6/2021) malam.

Untung saja tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun dua rumah yang terdampak mengalami kerusakan cukup parah karena bagian belakang rusak total lantaran hantaman tanah longsor.

Kedua rumah itu adalah milik keluarga Badi – Kombaitan dan Lumatan – Mogonta.

Hukum Tua Desa Tolimembet, Kecamatan Kakas Barat Weni Wensen mengatakan bencana tanah longsor itu terjadi dikarenakan intesitas hujan yang cukup tinggi sejak siang hingga malam hari.

“Bagian belakang rumah mengalami rusak karena timbunan tanah dan bebatuan ketika longsor terjadi,” kata Wensen.

Lanjutnya, keesokan harinya sejumlah warga setempat langsung bergotong royong melaksanakan pembersihan lokasi rumah yang tertimbun longsor.

Dirinya pun meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam hal ini instansi terkait untuk segera menyalurkan bantuan kepada kedua keluarga yang menjadi korban dari dampak tanah longsor di Desa Tolimembet.

“Bantuan yang diharapkan adalah perbaikan rumah, terlebih pada bagian yang mengalami kerusakan,” harapnya.

Rumah warga yang terdampak tanah longsor (kanalmetro)

Wensen pun meminta kepada warganya untuk tetap waspada akan terjadinya bencana longsor maupun lainnya. Mengingat kondisi cuaca belakangan ini sering terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi.

Sementara itu BPBD setelah mendapat informasi tersebut, dipimpin kepala Bidang Tanggap Darurat Marthen Wagey bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) langsung menuju ke lokasi, Rabu (16/6/2021).

Tujuannya adalah untuk melihat langsung kondisi rumah yang tertimpa bencana tanah longsor. Bahkan tim juga membawa satu unit alat berat untuk membantu membersihkan material longsoran.

Namun karena lokasi kejadian yang tidak memungkinkan alat berat masuk ke pemukiman, BPBD minahasa hanya sebatas mengambil data kejadian serta menginventarisir kerugian akibat bencana.

Baca juga: BPBD Minahasa Bersihkan Longsor di Kakas

Sekedar diketahui bahwa sebelumnya juga tanah longsor terjadi di ruas jalan penghubung Desa Simbel dan Desa Wasian, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa.

Kejadian itu mengakibat ruas jalan tersebut tak bisa dilalui kendaraan. Namun keesokan harinya tim dari Badan Penanggulangan Bencana Dareah (BPBD) Kabupaten Minahasa berhasil membersihkan hingga ruas jalan telah bisa dilalui.

Latest from Same Tags