20 May 2024

Seleksi Calon Sekdakot Tomohon Masuk Tahap Penulisan Makalah dan Wawancara

4 mins read
Seleksi Calon Sekdakot Tomohon
Lumentut memberikan arahan dalam tahap seleksi calon Sekdakot Tomohon

KANALMETRO, TOMOHON – Proses seleksi calon Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Tomohon kini masuk dalam tahap penulisan makalah dan wawancara. Tahap itu dimulai, Jumat (18/6/2021) di kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) Xi Manado, Jumat (18/6/2021).

Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut ketika membuka tahap seleksi Calon Sekdakot itu mengatakan bahwa tahapan ini sangat penting, dan dipastikannya  dan tak ada yang diunggulkan.

“Berikan kemampuan terbaik dalam tahap penulisan makalah. Silahkan berkompetisi dan yang paling utama adalah bekerja dengan baik,” kata Lumentut didampingi Penjabat Sekretaris Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan.

Dikatakannya pula peserta harus berpikir soal langkah awal apa yang akan dibuat untuk peningkatan kesejahteraan ASN di Kota Tomohon. Serta langkah-langkah apa yang akan ditempuh untuk menangani Covid-19 dan menjadikan kota Tomohon zona hijau.

Dijelaskannya juga bahwa untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi, instansi pemerintah harus melakukan promosi jabatan secara terbuka. Hal itu melalui pengisian jabatan yang lowong secara kompetitif dengan didasarkan pada sistem merit.

Karena dengan sistem tersebut, maka pelaksanaan promosi jabatan didasarkan pada kebijakan dan manajemen ASN yang dilakukan sesuai dengan kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan. Selain itu rekam jejak jabatan, integritas, moralitas, sesuai kinerja, adil dan wajar dengan tidak membedakan agama, ras, latar belakang politik, warna kulit, asal usul, jenis kelamin, status perkawinan dan umur.

“Pengembangan karir ASN dilakukan berdasarkan kualifikasi, kompetensi penilaian kinerja dan kebutuhan instansi pemerintah serta dilakukan dengan mempertimbangkan integritas serta moralitas,” tegasnya.

Apalagi menurutnya, jabatan Sekretaris Daerah sangat strategis karena merupakan motor penggerak utama dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

Selain itu mempunyai peranan penting dalam mengawal proses perubahan dengan cara melakukan gerakan reformasi birokrasi.

“Seorang Sekretaris Daerah harus melakukan penataan birokrasi dengan mewujudkan pelayanan prima dan akuntabilitas kinerja serta keuangan demi terwujudnya pemerintahan yang berdaya guna, besih maupun bertanggung jawab,” tukasnya.

Sementara itu Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf mengapresiasi Pemerintah Kota Tomohon yang telah melaksanakan proses seleksi itu dan  semoga menjadi contoh bagi daerah lain.

Yusuf berharap Pansel dapat bekerja secara objektif sehingga menghasilkan Sekdakot yang benar-benar berkualitas. Karena peran Sekdakot sangat berpengaruh dalam pelaksanaan pemerintahan suatu daerah.

11 peserta seleksi Sekdakot Tomohon

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut sekaligus ketua panitia seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kota Tomohon Femmy J Suluh mengapresiasi kepada peserta yang sangat antusias mengikuti proses seleksi ini.

“Berbagai proses tahapan seleksi yang telah dan akan dilalui oleh para calon pimpinan tinggi pratama yakni Sekdakot Tomohon mulai dari seleksi administrasi, penilaian rekam jejak, kompetensi (assesment), penyusunan dan presentasi makalah serta wawancara,” jelas Suluh.

Tampak hadir Kepala Kantor Regional XI BKN Manado Dedi Herdi, personel Pansel Prof Dr Philotheus E A Tuerah MSi DEA, Dr Flora Pricillia Kalalo SH MH dan Kakaskasen A Roeroe S Pi MSc.

Sedangkan 11 calon Sekdakot Tomohon yang ikut dalam proses seleksi ini yakni, Edwin Roring merupakan satu – satunya dari Pemprov Sulut. Sementara 10 lainnya dari Pemkot Tomohon yakni Gerarfus E Mogi, Joppi R Kalangi, Steven A Waworuntu, Jusak S Toar Pandeirot, Florensianus V Karundeng, Nova S Rompas, Novi AH Politon, Ruddie A Lengkong, Juliana D Karwur serta Octavianus DS Mandangi.

Baca juga: 11 Pendaftar Lolos Seleksi Administrasi Calon Sekdakot Tomohon

Latest from Same Tags