20 April 2024

Semarak Hari Kemerdekaan RI ke 76 di Kabupaten Minahasa

2 mins read
17 Agustus Minahasa
ROR-RD bersama Forkompinda usai peringatan Detik Proklamasi.

Meski masih dalam masa Pandemi Covid-19, namun perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 76 di Kabupaten Minahasa tetap dirayakan secara semarak meski secara sederhana.

Rangkaian perayaan diawali dengan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Bupati dan Wakil Bupati, Royke O Roring – Robby Dondokambey (ROR-RD), Sabtu (14/8/2021).

Pengukuhan Paskibraka Minahasa

ROR berharap jiwa patriotisme dan nasionalisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk harus mampu dijaga dan terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dimintanya pula agar dapat memberi energi positif bagi generasi muda lainnya dan juga masyarakat apalagi menghadapi pandemi Covid-19.

ROR – RD usai Paripurna di DPRD Minahasa

Senin (16/8/2021), ROR – RD menghadiri rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dengan agenda mendengarkan pidato Presiden RI memperingati HUT RI ke-76 pada Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR-RI dan DPD-RI Tahun 2021. Selanjutnya pidato tentang pengantar RUU tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2022 dan Nota Keuangan.

Selasa (17/8/2021) dilaksanakan puncak peringatan detik – detik Proklamasi yakni upacara bendera dalam rangka peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan dan ROR bertindak sebagai Inspektur Upacara.

ROR Irup Detik – detik Proklamasi

Dirinya berharap jajaran bisa ikut dalam tema kali ini yakni Tumbuh yang bermakna dengan ketangguhan dan berbagai upaya yang dilakukan di masa pandemi maka Indonesia akan tumbuh.

Tabur Bunga di Makam Sam Ratulangi

Kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Nasional di Monumen Dr Sam Ratulangi Tondano dengan Irup Kapolres Minahasa  AKBP Tommy Souisa SIK. Dilakukan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan mengheningkan cipta serta doa serta tabur bunga di makam pahlawan nasional asal Minahasa itu.

Bertindak Irup, RD menerima Bendera usai diturunkan Paskibraka

Seluruh rangkaian pun ditutup dengan upacara penurunan bendera pada sore hari dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati. Sedangkan Bupati mengikuti upacara secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta. (advetorial)

Latest from Same Tags