29 March 2024

BPK Periksa Pengembangan dan Pemasaran Destinasi Pariwisata Tomohon

3 mins read
Narwastu Hills Wawo Tomohon
Menikmati keindahaan sunset dengan latar Gunung Lokon maupun Kota Tomohon bisa dinikmati dari Narwastu Hills (dokumentasi KM-Wailan)

KANALMETRO, TOMOHON – Dalam rangka pemeriksaan pengembangan dan pemasaran destinasi Pariwisata di Kota Tomohon oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Rabu (1/9/2021) dilaksanakan entry meeting yang diikuti oleh Walikota dan Wakil Walikota, Caroll Senduk – Wenny Lumentut (CSWL) secara virtual.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara Karyadi menjelaskan bahwa pemeriksaan yang akan dilakukan terkait tahun anggaran 2019 sampai dengan semester I tahun 2021.

Dimana pemeriksaan pendahuluan akan dilakukan selama 30 hari, yakni 30 Agustus sampai 28 September 2021.

Dijelaskannya bahwa Tujuan pemeriksaan yaitu memperoleh pemahaman hal pokok /objek, mengidentifikasi masalah yang akan dilakukan pemeriksaaan secara mendalam.

Serta menentukan area kunci yang akan menjadi fokus, menentukan lingkup pemeriksaan dan mengidentifikasi criteria yang dapat digunakan dalam pemeriksaan terinci.

Walikota mengikuti Entry Meeting

Walikota mengatakan hal itu guna mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif dan berintegritas adalah salah satu misi Kota Tomohon diperiode ini.

“Pelaksanaan Good Governance ini diarahkan kepada upaya pembinaan, peningkatan, penyempurnaan dan pengendalian manajemen pemerintahan,” jelas Senduk.

Dimana semua sektor secara terencana, sistematis, komprehensif, akuntabel, terintegrasi dan berkelanjutan.

Lanjutnya, Good Governance ini juga menjadi tuntutan dalam perwujudan tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat untuk menyerap aspirasi, melihat dan menganalisis situasi.

Kemudian menyandingkannya dengan support anggaran serta upaya pemberdayaan, agar tujuan dapat tercapai.

“Sektor pariwisata merupakan bagian integral dari proses kehidupan berbangsa dan bernegara,” tambah Senduk.

Karena hal itu dikategorikan dalam urusan pilihan oleh negara, namun sektor ini banyak digandrungi oleh semua komponen masyarakat.

Apalagi sektor ini juga diperlukan untuk mendorong pemerataan kesempatan berusaha bagi setiap warga negara.

Oleh karena itu, melalui visi Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera,Pemkot akan menggenjot sektor pariwisata untuk terus maju, bertumbuh dan mampu bersaing.

Salah satu program adalah menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia.

Sehingga kiranya akan menjadikan Tomohon sebagai daerah tujuan wisata dunia.

Wakil Walikota mengikuti Entry Meeting

“Potensi yang dimiliki terdiri dari wisata alam, budaya, buatan, religi dan kuliner yang bersinergi untuk melayani masyarakat dan pengunjung dalam menikmati keindahan ketika berada di Tomohon,” ungkap Senduk.

Sehingga potensi ini terus dikembangkan, ditingkatkan dan dipasarkan agar Tomohon dikenal dunia.

Maka pihak Pemkot pun menyambut baik akan pemeriksaan kinerja atas kegiatan pengembangan pemasaran destinasi pariwisata Tomohon.

Harapannya akan memberikan masukkan yang positif dalam upaya peningkatan dan perwujudan visi dan misi Kota Tomohon.

Ikut hadir Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Edwin Roring, Kepala Dinas Pariwisata Masna Pioh, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Tomohon Gerardus Mogi.

Latest from Same Tags