Gandeng Komite II DPD RI, Krisan Tomohon Siap Ekspor

3 mins read
Bunga Krisan Tomohon
Pertemuan bersama DPD RI ketika melakukan Kunker di Tomohon

KANALMETRO, TOMOHON – Bunga Krisan yang menjadi salah satu florikultura di Kota Tomohon siap untuk di ekspor.

Hal itu disampaikan Walikota Tomohon Caroll Senduk ketika menerima kunjungan kerja Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia di Tomohon, Selasa (14/9/2021).

Dikatakan Senduk bahwa dalam mewujudkan harapan petani Tomohon untuk dilakukan ekspor akan bunga Krisan.

Maka kedepan Pemerintah Kota Tomohon akan bekerja sama dengan pihak terkait terkait hal tersebut.

“Kami harap Komite II DPD RI dapat turut mewujudkan rencana ini, dalam pengembangan hasil tanaman hias bunga Krisan di Kota Tomohon,” tukas Senduk.

Apalagi menurutnya, kunjungan kerja ini merupakan bentuk perhatian Komite II DPD RI terhadap pengembangan pertanian bunga di Tomohon.

Terlebih kiranya akan berdampak pada peningkatan pembudidayaan bunga di Kota Tomohon yang dikenal juga dengan Kota Bunga.

Fakta menarik dan bermanfaat

Walikota pun berharap pandemi covid 19 akan cepat berakhir, sehingga Tomohon bisa melaksanakan iven Internasional dengan nuasa bunga yakni Tomohon International Flower Festival (TIFF).

Dimana iven tersebut sudah dua tahun terakhir ini tidak digelar karena pandemi Covid-19, oleh karena itu diharapkan Komite II DPD RI dapat ikut berpartisipasi sekaligus menyaksikan perhelatan akbar  tersebut.

Karena melalui iven TIFF, membuat Kota Tomohon dikenal dimata Internasional.

Wakil Ketua Komite II DPD RI Lukky Semen menjelaskan bahwa kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang nomor 19 tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.

Tujuannya untuk melakukan dialog dan peninjauan lapangan guna melihat langsung sejauh mana perkembangan program dibidang tanaman hias, terutama bunga Krisan.

“Semua aspirasi yang disampaikan oleh para petani bunga nantinya akan dibicarakan dalam rapat dengar pendapat dengan pihak Kementerian Pertanian, dan kiranya semua permasalahan yang ada akan dapat teratasi,” ungkap Semen.

Sementara Direktur buah dan florikultura Kementerian Pertanian RI Liferdi Lukman menjelaskan bahwa untuk ekspor bunga Krisan harus dapat memenuhi standar yang ada.

Dirinya pun berharap Tomohon bukan saja mengekspor bunga Krisan, melainkan pula tanaman hias daun lainnya.

Dalam pertemuan di Show Window Tomohon bersama para petani bunga juga dilakukan pemantauan areal yang ditanami bunga di lokasi tersebut.

Ikut hadir anggota Komite II DPD RI dari Sulut Stefanus BAN Liow serta sejumlah personel lainnya.

Selain itu hadir pula Ketua DPRD Tomohon Djemmy Sundah bersama Wakil ketua  Johny  Runtuwene dan Erens Kereh, Ketua Komisi III Miky JL Wenur serta sejumlah legislator maupun Dinas Pertanian.

Latest from Same Tags

Tomohon Menuju Eco Green City

Pemerintah Kota bersama TP-PKK dan sejumlah aktivis lingkungan mengadakan sosialisasi Tomohon Menuju Eco Green City, termasuk…