19 April 2024

/

Disbud Sulut Sosialisasikan Pembentukan Museum Minahasa

1 min read
Museum Minahasa
Terkait rencana pembangunan Museum Minahasa, Disbud Sulut melakukan sosialisasi akan hal tersebut

KANALMETRO, MINAHASA – Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) merencanakan untuk membangun Museum Minahasa.

Dalam rangka itu, maka Disbud Sulut bersama UPTD Taman Budaya dan Museum menggelar sosialisasi akan rencana tersebut.

Sosialiasi yang bertemakan peningkatan pelayanan dan akses masyarakat terhadap museum digelar di hotel Yama Tondano, Jumat (17/9/2021).

Hal juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional serta untuk melakukan pendataan cagar budaya di Tanah Toar Lumimuut ini.

Kepala Disbud Sulut Fery Sangian mengatakan bahwa Minahasa menpunyai  nilai – nilai budaya yang kental dengan adat dan bernilai religius serta mempunya kultur budaya beragam.

Sehingga Disbud Sulut melihat jika Minahasa sangat penting untuk dibuatkan suatu Museum.

Lebih lanjut Sangian mengatakan Museum yang akan dibangun itu diharapkan dapat menjadi wadah edukasi oleh generasi muda untuk mempelajari adat dan budaya lokal dari sejumlah peninggalan sejarah.

Dan yang terpenting juga adalah untuk melestarikan budaya lokal yang menjadi kekayaan Minahasa.

Sosialisasi yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 menghadirkan sejumlah narasumber seperti Robby Kolibu sebagai tenaga Konservator,  Kurator dan Edukator Museum Sulut.

Selain itu dihadiri pula dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Minahasa, para tokoh adat dan budaya, tokoh masyarakat, perwakilan generasi muda serta siswa. (roni/adv)

Latest from Same Tags