29 March 2024

Bendahara Kampung di Sangihe Dibekali Soal Kewajiban Perpajakan

1 min read
Pajak Kampung di Sangihe
KPP Pratama Tahuna sampaikan sosialisasi terkait kewajiban perpajakan bagi bendahara Kampung di Sangihe

KANALMETRO, SANGIHE – Seluruh Bendahara Kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe dibekali soal kewajiban perpajakan.

Hal itu diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tahuna lewat sosialisasi yang digelar di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo, Rabu (22/9/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sangihe Melanchton Harry Wolff mengatakan Pemkab mengapresiasi KPP Pratama Tahuna yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi kewajiban perpajakan bagi bendahara kampung.

“Dana Desa diperoleh dari pemerintah, pada dasarnya bersumber dari dana pajak yang diperoleh dari masyarakat. Maka seyogyanya dana kampung tersebut dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya termasuk kewajiban perpajakannya,” kata Wolff.

Dia pun berharap dengan dilaksanakan kegiatan sosialisasi itu seluruh bendahara kampung dapat memahami, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan dalam pelaksanaan kewajiban perpajakan.

Serta tentunya dapat meningkatkan kepatuhan seluruh Kampung di Kabupaten kepulauan Sangihe terhadap pajak.

“Karena terkait dengan masalah kewajiban perpajakan bagi pemerintah kampung, para bendahara masih perlu untuk terus meningkatkan kemampuan,” tambahnya.

Apalagi menurut Wolff seringkali dalam pengelolaan keuangan kampung ketika dilakukan audit atau pemeriksaan masih banyak ditemukan permasalahan terkait dengan perpajakan,

Sementara Kepala KPP Pratama Tahuna Imam Kasro’i menjelaskan bahwa tidak ada kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang menunggak pajak.

Karena data yang ada dari 145 kampung sampai dengan Agustus 2021, untuk penyetoran sudah sekitar 118.

Namun sisanya itu bukan berarti menunggak pajak, tetapi mungkin memang belum ada realisasi penyetoran.

Atau pula mungkin pelaksanaan terbanyak terkait penanganan Covid-19 dan Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang tidak ada unsur pajak.

Latest from Same Tags