Pengelolaan BUMD dan BLUD di Tomohon Perlu Dioptimalkan

1 min read
BUMD BLUD Tomohon
Roring harapkan BUMD BLUD Tomohon dapat mengoptimalkan pengelolaan dalam memaksimalkan PAD

KANALMETRO, TOMOHON – Pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kota Tomohon dievaluasi lewat rapat koordinasi guna memaksimalkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selain pajak, Kamis (14/10/2021).

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Tomohon Edwin Roring mengatakan bahwa pengelolaan BUMD dan BLUD perlu dioptimalkan agar benar-benar menjadi kekuatan ekonomi yang handal. Sehingga dapat berperan aktif, baik dalam menjalankan fungsi dan tugasnya maupun sebagai kekuatan perekonomian daerah.

Karena tujuan didirikannya BUMD adalah untuk mendapatkan pendapatan lain di luar pajak serta membantu pembangunan daerah yang dapat memajukan perekonomian daerah dan nasional Sehingga dapat memenuhi kebutuhan rakyat dan tercipta masyarakat adil dan makmur.

Begitu pula dengan BLUD yang adalah satuan kerja perangkat daerah untuk unit kerja pada satuan kerja perangkat daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatan didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktifitas.

“PAD menjadi tolak ukur kemampuan daerah dan sebagai cerminan kemandirian daerah tersebut,” kata Roring.

Oleh sebab itu BUMD harus memberikan nilai tambah dalam pendapatan domestik regional bruto (PDRB) dan penyerapan tenaga kerja.

Sekedar diketahui bahwa Pemkot Tomohon memiliki dua BUMD yakni Perusahaan Daerah (PD) Pasar dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Sedangkan BULD yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah.

Latest from Same Tags