29 March 2024

DPRD Minahasa Gelar Paripurna Hari Jadi Minahasa ke 593

3 mins read
Paripurna DPRD Minahasa Hari Jadi 593
Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke 593

Dalam peringatan perayaan Hari Jadi Minahasa ke 593, Jumat (5/11/2021). DPRD Kabupaten Minahasa gelar rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw di gedung Wale Ne Tou Tondano didampingi Wakil Ketua Stesi Runtu dan Denny Kalangi.

Ketua DPRD mengatakan peringatan Hari Jadi Minahasa bukanlah sekedar seremoni belaka. Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat menjadikan momentum ini sebagai lembaran dari tonggak sejarah yang baru, dengan berakar dan bermakna pada nilai-nilai luhur budaya dan semangat kearifan lokal, dengan terus meneladani dan menumbuh kembangkan semangat Mapalus.

Karena menurutnya, semangat itulah ikatan persaudaraan telah membesarkan tanah Minahasa ini secara tahap demi tahap sehingga menjadi daerah otonomi, yang memiliki daya saing dan mampu mensejajarkan diri dengan daerah otonomi yang lain.

Dirinya juga mengajak masyarakat agar menjadikan peringatan Hari Jadi Minahasa ini sebagai wahana untuk menilai sejauh mana kita melangkah dan seberapa besar kontribusi kita dalam mengisi pembangunan bagi kejayaan tanah Minahasa pada khususnya, dan NKRI pada umumnya.

Karena menurutnya bahwa, sejarah mencatat dengan tinta emas, rakyat Minahasa sejak berabad-abad lampau dikenal sebagai masyarakat yang dinamis, agamis dan hidup bermapalus. Sejarah mencatat pula dalam keluarga besar sebagai bangsa Indonesia, rakyat Minahasa senantiasa memberikan kontribusi positif dalam setiap momentum kehidupan bangsa.

Kandouw juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw yang telah berkomitmen menjadikan Sulut sebagai pintu masuk kawasan ekonomi bagi Indonesia dalam rangka menunjang Sulut menjadi lebih hebat kedepan.

“Penghargaan yang sama juga disampaikan pula atas program prioritas Bupati Minahasa Drs Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM serta jajarannya, yang sudah dan sementara dilaksanakan, termasuk pengembangan Danau Tondano secara komprehensif serta pembangunan rumah sakit daerah,” tukasnya.

Sedangkan Wagub Kandouw dalam sambutannya berharap momen Hari Jadi Minahasa ini dapat dijadikan kesempatan untuk berkontemplasi, introspeksi dan evaluasi apa yang sudah dicapai dan belum.

“Pelayanan pemerintah tolong dijaga yang lain ditingkatkan apalagi Standar Pelayanan Minimal instansi pemerintah di Minahasa paling tinggi di Sulawesi Utara dan ketiga tertinggi di Sulawesi. Semua komponen masyarakat di Minahasa harus punya paradigma pembangunan yang holistik. Covid-19 jangan menjadi alasan tapi pemerintah harus ada inovasi dan terobosan,” tegas Wagub Kandouw.

Dalam peringatan Hari Jadi Minahasa yang digelar secara sederhana itu juga dilakukan penganugerahan gelar adat Tonaas Wangko kepada Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen Wanti Waraney Mamahit, Danrem 131/Santiago, Brigjen. Prince Meyer Putong dan Kepala Badan Narkotika Provinsi Sulut, Brigjen. Victor Joubert Lasut serta pemberian penghargaan kepada atlit dan pelatih asal Minahasa yang berhasil meraih medali di PON XX Papua, peraih gelar Nyong Sulut 2021 dan Wakil 1 Noni Sulut juga pemberian nama Jalan Dolfie Tanor, yang merupakan mantan Bupati Minahasa.

Dalam pelaksanaan rapat paripurna, setiap undangan yang akan masuk ke lokasi kegiatan pun wajib melakukan pemeriksaan rapid antigen dan menjaga protokol kegiatan selama agenda berlangsung. (advetorial)

Latest from Same Tags