19 April 2024

Rumah Pintar dan Kampung Bahari Lanal Tahuna Diresmikan

2 mins read
Rumah Pintar Lanal Tahuna
Peresmian Rumah Pintar Lanal Tahuna

KANALMETRO, SANGIHE – Dua Rumah Pintar dan Tiga Kampung Bahari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tahuna diresmika Dansatgas Bakti TNI Angkatan Laut Kolonel Laut (P) MHD Sayuti Lubis, Sabtu (11/12/2021).

Perempian program Binpotmar Lanal Tahuna itu dalam rangka juga dengan perayaan Bhakti TNI Angkatan Laut (AL) tahun 2021.

Rumah pintar yang diresmikan yakni di Simueng dan Kampung Rendingan. Sedangkan tiga Kampung Bahari di Kampung Petta Timur, Simueng dan Rendingan.

Kadispotmaral dalam sambutannya yang dibawakan Lubis menjelaskan, dawilhanla pesisir merupakan program TNI AL yang dilaksanakan dispotmaral wilker Lantamal VIII,Lanal Tahuna.

“Tiga Kampung Bahari yang dua didalamnya ada Rumah Pintar Lanal Tahuna merupakan daerah perbatasan strategis sekaligus rawan masalah-masalah pertahanan dan keamanan Negara,” katanya.

Oleh karena itu kampung Bahari sangat perlu untuk mendapat perhatian yang besar, khususnya menyangkut pembangunan sumber daya manusia serta pembangunan ekonomi masyarakat dan keamanan.

Sehingga diharapkan melalui penyelenggaraan dawilhanla pesisir, dapat turut serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.  Serta dapat mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan, khususnya di wilayah perbatasan yang sulit dijangkau

Dimana hal itu dilakukan melalui program-program kepada masyarakat yang menitik beratkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sangihe Melanchton Harry Wolff membacakan sambutan Bupati Jabes Ezar Gaghana mengatakan, segala kegiatan yang dilaksanakan dalam bhakti TNI AL tahun 2021, benar-benar menunjukkan sinergitas yang baik. Yakni antara TNI-AL bersama-sama dengan Pemerintah dan masyarakat yang ada.

Dikatakannya juga bahwa berbagai kegiatan yang dilaksanakan baik fisik maupun non fisik sangat menyentuh kebutuhan masyarakat setempat. Sehingga Pemkab Sangihe menyampaikan terima kasih dan apresiasi.

Sejumlah kegiatan terkait yang dilaksanakan yakni renovasi interior dan perangkat rumpin, melengkapi buku-buku bacaan, renovasi gapura pintu masuk desa, pemberian sembako dan bantuan bibit rumput laut, serbuan vaksin, penyerahan bahan kotak umum 3 gereja dan renovasi satu perahu serta penyuluhan.

Turut hadir Wadansatgas Letkol Laut (E) Iwan Kusuma, Spotmaral Letkol Laut (P) Tu Bagus Budi W, Irjenal Letkol Mar R Gunawan, Sekretaris Satgas sie Komsos Kapten Laut (T) Jermia Contatein T, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla. Selain itu jajaran Fokopimda Sangihe serta sejumlah pejabat terkait dan jajaran Lanal Tahuna.

Latest from Same Tags