29 March 2024

Andikpas LPKA Tomohon Diberikan Pemahaman Kesehatan Reproduksi

2 mins read
Adikpas LPKA Tomohon
Sosialisasi soal kesehatan reproduksi bagi Adikpas di LPKA Tomohon

KANALMETRO, TOMOHON – Berbagai pembinaan dan pelatihan diterima oleh Anak Didikan Pemasyarakatan (Andikpas) yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Tomohon.

Kali ini diberikan pemahaman soal kesehatan reproduksi yang bekerja sama dengan Perhimpunan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sulut dan diselenggarakan di LPKA Tomohon, Rabu (25/1/2022).

Kepala LPKA Tomohon Marulye Simbolon didampingi Kasubsi pendidikan dan bimkemas Jhoni Loho mengatakan, kegiatan itu merupakan bagian dari program Responding with Essential SRHR Provision and New Delivery Mechanism (RESPOND) atau menyediakan layanan SRH yang esensial dan mekanisme baru dalam memberikan layanan.

Terkait tentang program ini, sehingga PKBI melaksanakan kegiatan Serial Diskusi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kerja sama LPKA Tomohon dan PKBI Sulut yang telah memasuki tahun ketiga. kepada 30 peserta yang merupakan Andikpas LKPA Tomohon diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi Remaja,” kata Simbolon.

Sonny Windah selaku pembawa materi dari PKBI memaparkan tentang pentingnya remaja sejak awal sudah harus diberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi. Sehingga harus mulai menjaga diri, jangan sampai terkena penyakit seks menular yang bisa menular melalui hubungan seks bebas.

“Intinya harus lebih dini tahu pentingnya menjaga kesehatan diri dan menghindari dari pergaulan bebas. Apalagi sampai menuju ke hubungan seks bebas,” ujar Windah.

Dijelaskannya bahwa langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan sejak dini akan Penyakit Menular Seksual serta memutus mata rantai seks bebas.

“Hampir seluruh Infeksi Menular Seksual dapat diobati, tetapi ada juga yang menyebabkan kematian. Sehingga berbagai upaya pengendalian, seperti sosialisasi mengenai penyakit ini sangat penting dilakukan,” pungkasnya.

Latest from Same Tags