29 March 2024

Kompetensi 32 Pejabat Eselon II Tomohon Diuji

2 mins read
Uji Kompetensi Pejabat Tomohon
Lumentut membuka pelaksanaan uji kompetensi

KANALMETRO, TOMOHON – Senin (7/2/2022) dilakukan uji kompetensi terhadap 32 pejabat pimpinan tinggi pratama atau setara eselon II di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Pelaksanakan uji kompetensi terhadap 32 pejabat eselon II yang dilaksanakan di ruang Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tomohon dibuka Wakil Walikota Wenny Lumentut.

Mengawali pelaksanaan uji kompetensi, Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Tomohon Edwin Roring yang juga ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan itu merupakan lanjutan dari assesment test di bulan Desember 2021.

Namun kali ini semua pejabat eselon II di lingkungan Pemkot Tomohon wajib untuk mengikuti kegiatan tersebut. Karena nantinya nilai dari assessment test akan digabungkan dengan uji kompetensi ini.

“Untuk penentuan jabatan merupakan kewenangan pimpinan, dalam hal ini Walikota dan Wakil Walikota,” jelas Roring.

Namun dijelaskannya dalam uji kompetensi ini para peserta akan ditugaskan membuat makalah dan nanti dipresentasikan, serta ada tahap wawancara. Karena menurut Roring jika hasilnya akan menentukan proses roling jabatan nanti.

Sehingga nanti dalam penentuan posisi jabatan nantinya terlaksana secara transparan, objektif, kompetitif dan akuntabel.

Sementara Lumentut mengajak kepada peserta untuk berkompetisi secara sehat dan positif dalam menghasilkan karya yang terbaik. Serta tentunya diharapkan agar terus meningkatkan kemampuan diri maupun dapat memunculkan inovasi baru untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

“Saya perlu ingatkan bahwa tugas dan pekerjaan harus dilaksanakan dengan tulus jujur, prosedural serta sesuai aturan yang berlaku. Agar nanti terhindar dari segala bentuk penyelewengan dan penyalahgunaan jabatan yang bisa berdampak hukum dikemudian hari,” tegas Wawali.

Dikatakannya pula bahwa dalam penempatan pejabat nanti, selain melihat hasil uji kompetensi dan assesmet test. Namun pula akan tetap berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Komisi Aparatur Sipil Negara.

Sekedar diketahui Pansel kali ini dipimpin Roring bersama Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Clay JH Dondokambey selaku Sekretaris. Dan dibantu dengan anggota yakni, Akademisi Fakultas Perikanan dan Kelautan Unsrat Kakaskasen Andreas Roeroe, Akademisi Unsrat Ferry Daud Liando serta Darius Andries Jusuf Senduk.

Latest from Same Tags