19 April 2024

Direktorat KPLP Gelar Pelatihan Ketrampilan Boarding Officer di Sulut

2 mins read
Pelatihan Ketrampilan Boarding Officer KPLP
Sesi simulasi dalam pelatihan ketrampilan Boarding Officer (ist)

KANALMETRO, BITUNG – Direktorat  Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan menggelar pelatihan ketrampilan Boarding Officer standar US Coast Guard di Sulawesi Utara (Sulut).

Pelatihan  yang diikuti Kapal Patroli Pangkalan PPLP Bitung, KSOP dan UPT dibawah Kementerian Perhubungan digelar di Kota Manado untuk sesi kelas, dan praktek di Likupang, 14 hingga 18 Februari 2022.

Kepala Subdit Patroli dan Pengamanan Direktorat KPLP Capt Ramadhan Hari Harahap pelatihan dilaksanakan dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

Sementara Kepala PPLP Bitung Sabar Maima Hasugian menjelaskan bahwa dalam menjalankan tugas patroli penegakan hukum di laut. Personil PPLP harus memiliki bekal yang cukup dengan berbagai keterampilan.

Sedangkan Direktur KPLP Kementerian Perhubungan Weku Frederick menjelaskan bahwa pelatihan Boarding Officer itu sengaja dilaksanakan di Likupang Sulut untuk lokasi simulasi. Hal itu karena Likupang merupakan kawasan wisata super prioritas. Dan itupun sebagai persiapan G20 Oktober hingga November 2022.

Diharapkannya dengan pelatihan Boarding Officer, para awak Kapal Patroli PPLP lebih  terampil, cekatan dan menguasai aturan hukum laut.

“Dalam kawasan wisata bertaraf internasional, tugas kami memeriksa kelengkapan dokumen dan alat keselamatan kapal asing. Serta menjaga keselamatan wisatawan yang berlibur, sehingga personil PPLP harus memiliki bekal cukup,” tambah Frederick.

Dikatakannya pula, selain mengawasi dan menjalankan keselamatan serta keamanan pelayaran. Awak kapal patroli juga harus terus belajar hukum laut internasional.

“Peraturan Internasional (IMO, SOLAS, MARPOL, SCTW) dan amanat Undang-Undang nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran harus dikuasai oleh aparat KPLP agar tidak salah dalam mengambil tindakan,” tegas Frederick .

Ditambahkannya bahwa nanti akan pula dilaksanakan berbagai pelatihan ketrampilan seperti Marine Pollition Exercise (MARPOLEX) di Sulut. Hal itu sebagai bentuk dukungan Kementerian Perhubungan dalam event G20. (aan)

Latest from Same Tags