29 March 2024

Pemkot Tomohon – PLN Sepakat Pemanfaatan FABA

1 min read
Pemkot Tomohon PLN
Walikota usai pembahasan bersama PT PLN (ist)

KANALMETRO, TOMOHON – Walikota Tomohon Caroll Senduk mengikuti  Acara Penandatanganan MOU Pemerintah Kota Tomohon dengan PT PLN (Persero)

Penandatanganan MOU Pemerintah Kota Tomohon  dengan PT.PLN (persero) ini dilaksanakan di ruang kerja Walikota Tomohon, Selasa, 22 Maret 2022.

Walikota Tomohon bersama Manager unit Pelaksana pengendalian pembangkitan Minahasa PT.PLN (persero) Andreas Arthur menandatangani MOU mengenai Pemanfaatan Produk Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) PLTU Amurang di Kota Tomohon

FABA merupakan hasil pembakaran batubara pada proses operasional pembangkit listrik tenaga uap yang tergolong sebagai limbah non B3 terdaftar sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

FABA dapat digunakan sebagai

Substitusi Bahan Baku untuk kegiatan pemadatan tanah (Material Stabilisasi Tanah) Substitusi Bahan Baku untuk kegiatan pemadatan tanah (Pembuatan Lapisan Sub-Based untuk kegiatan road base) Substitusi Bahan Baku pembuatan Semen Mortar untuk pekerjaan unit pasangan tidak bertulang dan bertulang

Subtitusi bahan baku Bahan campuran cor / rabat beton. Subtitusi bahan baku pembuatan Beton Precast / Pracetak. Subtitusi bahan baku pembuatan Paving Block, Batako, Kansteen, dan Roster. subtitusi bahan baku dan/atau bahan penolong lainnya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang aman bagi manusia dan lingkungan hidup.

Dihadiri juga oleh Jajaran pemerintah Kota Tomohon, Manager bagian pemeliharaan operasi  I Johan Kaparang, Manager bagian Pemeliharaan operasi II Oudy Rumbajang, manager PLTP lahendong Aminudin Wahid.

Latest from Same Tags