/

Terdakwa Dugaan Korupsi APBDes Raringis Langowan Jalani Agenda Pemeriksaan

2 mins read
Sidang Korupsi APBDes Raringis
Suasana sidang pemeriksaan terdakwa dalam perkara dugaan korupsi APBDes Raringis, Langowan Barat (foto kejariminahasa)

KANALMETRO, MINAHASA – Sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) PN Manado melakukan agenda pemeriksaan terhadap terdakwa dugaan korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Raringis, Kecamatan Langowan Barat, Kabupaten Minahasa, Senin (21/3/2022).

Pemeriksaan dilakukan dalam sidang yang dipimpin Yance Patiran SH MH selaku Hakim Ketua serta Hakim Anggota Pultoni SH MH dan Edy Darma SH MH dengan Panitra End Annatje SH. Ikut pula hadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa Parmantor SH.

Dalam sidang itu terdakwa RRP alias Ranny sebelumnya menjabat sebagai Hukum Tua (Kepala Desa) Raringis, Kecamatan Langowan Barat yang diduga melakukan Korupsi dengan penyalahgunaan APBDes tahun anggaran 2017 ikut hadiri didampingi penasehat hukumnya.

Dimana di tahun anggaran 2017 Desa Raringis dialokasikan dana Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 742.519.000 yang dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan Desa dibantu aparat diantaranya Sekdes, Bendahara, Kaur Pembangunan.

“Keterangan terdakwa bahwa dirinya memegang uang tersebut setelah dilakukan pencairan bersama istri dari sekertaris Desa Raringis. Uang pencairan tahap pertama dilakukan pekerjaan lapisan sirtu jalan dan lampu Solar cell. Sedangkan tahap kedua melanjutkan pembangunan sirtu,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa Diky Oktavia SH MH melalui Kasi Intel Yosi Korompis SH, Selasa (22/3/2022).

Lanjutnya bahwa dalam Dakwaan itu juga menyebutkan jika pembayaran bahan dan material dilakukan oleh Hukum Tua sendiri dengan sepengetahuan tim TPKD. Disebutkan pula jika dalam pekerjaan penegerasan tidak sesuai dengan RAB dikarenakan ada permintaan dari masyarakat.

Selain itu bendahara kurang mengerti dalam hal pembuatan LPJ. Sehingga terdakwa menunjuk saudara Argie Masie untuk membuat LPJ tersebut.

“Ada pula beberapa hal yang terungkap dalam sidang tersebut,” pungkas Korompis.

Latest from Same Tags