29 March 2024

Warga Desa Atep Langowan Berharap Pembangunan Jalan Perkebunan

1 min read
Hukum Tua Desa Atep Donald Malingkonor
Hukum Tua Desa Atep Donald Malingkonor (km-kelly)

KANALMETRO, MINAHASA – Adanya pembangunan jalan perkebunan guna menunjang peningkatan hasil panen serta penunjang akses transportasi alternatif yang memadai merupakan salah satu harapan saat ini dari warga Desa Atep, Kecamatan Langowan Selatan, Kabupaten Minahasa.

Apalagi 80 persen masyarakat di Desa Atep merupakan petani cengkeh dan kelapa serta Cap Tikus.

Pembangunan itu diharapkan bisa terwujud, karena sampat saat ini warga di Desa Atep tak memiliki akses jalan perkebunan yang memadai.

“Akses jalan perkebunan merupakan salah satu kendala besar ketika warga hendak panen raya karena harus menyewa kendaraan yang memadai guna mengangkut hasil mereka,” kata Hukum Tua Desa Atep, Kecamatan Langowan Selatan Donald Malingkonor, Sabtu (26/3/2022).

Dengan melakukan penyewaan kendaraan itu membuat petani menambah biaya operasional. Sehingga ikut mengurangi perolehan keuntungan dari penjualan hasil panen.

“Kiranya Pemerintah Kabupaten bisa melihat dan menjawab harapan kami ini yang sebagian besar menggantungkan nasib sebagai petani dalam mencari nafkah guna menghidupi keluarga,” tambahnya.

Bahkan menurut Malingkonor hal lain yang menjadi harapan dari warga adalah soal penerangan jalan, peningkatan sarana air bersih dan penguatan tebing pada akses jalan menuju Desa Atep.

Karena akses jalan ke Desa itu ketika dalam kondisi cuaca ekstrim sangat rawan sekali dengan bencana alam tanah longsor.

Latest from Same Tags