20 April 2024

//

Gaghana Sampaikan Persoalan IKM Sangihe di Kementerian Perindustrian

2 mins read
Bupati Sangihe di Kementerian Perindustrian
Bupati Sangihe di Kementerian Perindustrian (ist)

KANALMETRO, SANGIHE – Di Kementerian Perindustrian RI, Rabu (30/3/2022), Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menyampaikan berbagai persoalan yang dihadapi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di daerah perbatasan ini.

Beberapa persoalan yang disampaikan Gaghana diantaranya keterbatasan mesin dan peralatan lainnya sehingga membuat produksi dari para pelaku IKM di Sangihe masih kurang.

Atas berbagai persoalan itu maka Gaghana mengusulkan bantuan mesin peralatan untuk pelaku industri Lanang Bango, cemilan berbahan sagu, pertukangan, perbengkelan serta bantuan sentra untuk pengrajin Karawang beserta alat penunjangnya.

“Bersyukur apa yang disamapian mendapat respon baik oleh pihak Kementerian Perindustrian,” ujar Gaghana.

Dijelaskannya bahwa untuk pelaku IKM Lanang Bango pihaknya berharap adanya bantuan mesin dan peralatan serta bimtek terkait dengan standarisasi mutu lanang bango atau minyak kelapa tradisional yang dibuat oleh masyarakat Sangihe.

Sehingga diprioritaskan untuk tahun 2022 yakni bisa dapatkan mesin gilingan kelapa dan pemeras santan. Karena selama ini kebanyakan masyarakat membuat Lanang Bango menggunakan cara tradisional.

“Ada juga yang pakai mesin, tetapi masih belum sesuai standar dari Kementerian Perindustrian,” ujar Gagaha.

Selain itu, mengingat Sangihe merupakan penghasil sagu dan masyarakat banyak yang menjadi pelaku industri rumah tangga khususnya membuat cemilan berbahan sagu, namun pembuatannya masih sangat tradisional. Sehingga diusulkan bantuan mesin dan peralatan yang memadai.

“Nantinya dengan mesin dan peralatan yang moderen, diharapkan produksi cemilan sagu masyarakat bisa meningkat dari sebelumnya,” ungkap Gaghana.

Dan terkait Kerajinan Karawang yang sangat tradisional dan diakui oleh pihak Kementerian Perindustrian sudah sangat langkah, sehingga harus di kembangkan karena itu merupakan salah satu ciri khas daerah Sangihe. Menurut Bupati pihaknya juga meminta bantuan peralatan dan juga pembangunan sentra untuk para pengrajin karawang.

“Karena sampai saat ini ibu-ibu pengrajin Karawang membuat Karawang di depan rumah tidak ada tempat yang layak, sehingga kami mengusulkan kalau bisa ada bantuan untuk sentra supaya ibu-ibu ada tempat nyaman untuk kerja dibantu dengan mesin bordir untuk merapikan pinggiran Karawang,” tutup Bupati.

Saat itu Gaghana yang didampingi Asisten II Setdakab Gregorius Londo, Kadis Perindag Abdul Rifai Mahdang dan Kabag Prokopi Hofni Katiandagho diterima Direktur Industri Anekan dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan Ni Nyoman Ambareny serta Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut.

Latest from Same Tags