15 July 2024

Kepala OPD Tomohon Dibekali Soal Penyusunan RKPD dan Renja Tahun 2023

1 min read
RKPD dan Renja Tomohon 2023
Senduk ketika membuka Bimtek RKPD dan Renja Tomohon tahun 2023 (ist)

KANALMETRO, TOMOHON – Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Tomohon mendapat pembekalan terkait penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Kerja (Renja) tahun anggaran 2023. Kegiatan itu dibuka Walikota Tomohon Caroll Senduk di Manado, Kamis (31/3/2022).

Senduk dalam sambutannya mengatakan perencanaan pembangunan daerah didasarkan pada informasi yang dikelola dalam sistem informasi pembangunan daerah. Serta berdasar Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, bahwa data dan informasi perencanaan pembangunan daerah dikelola secara elektronik.

Oleh karena itu Pemkot Tomohon perlu membekali para Kepala Perangkat Daerah dan SDM perencana secara teknis agar data yang diinput dan disajikan melalui aplikasi SIPD. Agar nantinya benar-benar berkualitas dan bermanfaat untuk pembangunan daerah, termasuk dalam perencanaan pembangunan Kota Tomohon tahun 2023.

“Adanya SIPD maka proses integrasi, sinergi dan keselarasan antara perencanaan pembangunan dan keuangan daerah semakin baik,” jelas Senduk.

Sehingga menurutnya penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2023 merupakan bagian dalam periode RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026. Dimana Pemkot Tomohon telah menetapkan visi misi strategi dan arah kebijakan pembangunan Kota Tomohon.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon Daniel Pontonuwu menjelaskan bahwa maksud kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman atau keterampilan ASN dalam proses penyusunan Renja/e-Renja Perangkat Daerah Tahun 2023 dalam bentuk bimbingan teknis.

Ketika membuka kegiatan yang akan dilaksanakan hingga Sabtu (2/4/2022), Walikota ikut didampingi Ketua TP PKK Kota Tomohon Ny drg Jeand’arc Senduk-Karundeng.

Latest from Same Tags